Kamis, 16 Des 2021 17:38 WIB

Kontak Erat Omicron RI Diinvestigasi, Bagaimana Kondisi 5 Kasus Probable?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Varian Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito memastikan pemerintah tengah menelusuri lebih lanjut kontak erat pasien COVID-19 Omicron. Di sisi lain, lima kemungkinan kasus terpapar Omicron yang melakukan perjalanan dari luar negeri juga terus dipantau.

"Kemenkes mendeteksi satu kasus varian Omicron yang berasal dari salah satu petugas kebersihan Wisma Atlet, menindaklanjuti hal ini, penelusuran riawayat kontak kasus tengah diinvestigasi lebih lanjut pada siapapun yang menjadi kontak erat kasus positif," sambung dia.

Lebih lanjut, Wiku menyebut pemerintah akan terus memperketat aturan pengendalian COVID-19 secara transparan. Sementara lima kasus kemungkinan terpapar COVID-19 kini kondisinya masih dirawat di Wisma Atlet dan fasilitas karantina Manado.

"Diketahui kasus probable ini memiliki riwayat perjalanan di mana satu kasus dari Afsel dan Belanda, satu kasus dari Inggris, 3 kasus dari Tiongkok dan sedang menjalani isolasi di tempat khusus," beber Wiku.

"Dua kasus di tower Wisma Atlet dan 3 kasus di fasilitas karantina Manado. Pemerintah tengah menyusun strategi pengendalian," lanjutnya.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)