Apa Itu SGTF? Dipakai untuk Mendeteksi Probable Omicron di Indonesia

ADVERTISEMENT

Apa Itu SGTF? Dipakai untuk Mendeteksi Probable Omicron di Indonesia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 20 Des 2021 05:58 WIB
Ilustrasi Tes Swab
SGTF digunakan untuk deteksi dini varian Omicron (Foto: Ilustrator: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Selain 3 kasus terkonfirmasi, Indonesia juga mengidentifikasi sejumlah kasus probable varian Omicron. Kasus-kasus probable terdeteksi melalui pemeriksaan SGTF.

Metode pemeriksaan SGTF sempat disinggung Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers saat mengumumkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia, Kamis (16/12/2021). Kasus pertama ditemukan pada N, seorang petugas kebersihan di RSDC Wisma Atlet.

"Dengan pemeriksaan khusus SGTF, kita mendeteksi 5 kasus probable Omicron 2 kasus warga Indonesia yang baru balik dari Inggris dan AS, 3 lainnya WNA dari Tiongkok yang ke Manado yg sekarang dikarantina di Manado," tutur Menkes saat itu.

Kepada wartawan, Wakil Menteri Kesehatan yang juga ahli diabetes molekular dr Dante Saksono Harbuwono menjelaskan bahwa SGTF digunakan di pintu masuk dalam rangka pengetatan screening. Teknologi ini dipakai sebagai deteksi dini varian Omicron.

"Sistem SGTF ini adalah RNA yang mampu melalukan pemeriksaan probable Omicron dan teknologi terbaru ini kita sudah terapkan di beberapa pintu masuk. Dengan teknologi ini, kita bisa mendeteksi kasus Omicron yang baru sudah terkonfirmasi," jelas Wamenkes.

Apa itu SGTF?

SGTF merupakan singkatan dari S-gene Target Failure, sebuah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi suspek atau kasus probable varian Omicron. S-gene merupakan salah satu elemen virus yang tidak ada pada varian Omicron akibat mutasi yang dialami.

Jika dalam sampe tes PCR (polymerase chain reaction) S-gene tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar kasus tersebut adalah varian Omicron. Dikutip dari news.sky, kemungkinan tersebut tetap perlu dikonfirmasi dengan seskuens genomik atau genome sequencing.

Kenapa perlu dilakukan pemeriksaan SGTF jika pada akhirnya harus di-sekuens dulu untuk memastikan? Karena varian Omicron mudah sekali menular, maka kasus probable yang terdeteksi lebih dini bisa segera diisolasi agar tidak menyebar.



Simak Video "Kemenkes Bakal Gunakan PCR-SGTF untuk Deteksi Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT