Senin, 20 Des 2021 08:40 WIB

Varian Omicron Sudah Masuk, RI Masih 'Aman' di Level 1 Versi CDC AS

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
DKI Jakarta kini turun menjadi PPKM level 1. Penurunan status itu berarti ada sejumlah aturan yang berubah, salah satunya terkait aturan work from office (WFO). Varian Omicron di Indonesia. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Virus Corona varian Omicron masuk Indonesia. Pasien pertama yang ditemukan adalah pekerja kebersihan di Wisma Atlet.

Selang beberapa hari setelahnya, Kementerian Kesehatan kembali mengumumkan dua kasus varian Omicron. Kasus ini merupakan imported cases karena keduanya memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yakni Inggris dan Amerika Selatan.

Juru bicara vaksinasi Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan adanya temuan varian Omicron ini menjadi tanda agar warga menunda melakukan perjalanan ke luar negeri. Terlebih mengingat laju penyebaran Omicron terbukti sangat cepat.

"Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari Covid-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini," tutur dr Nadia dikutip dari laman resmi Kemenkes, Senin (20/12/2021).

Di beberapa negara, varian Omicron menjadi penyebab lonjakan kasus sehingga level transmisi penularan COVID-19 di negara tersebut menjadi tinggi. Bagaimana di Indonesia?

Belum lama ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkap Indonesia termasuk negara dengan risiko penularan COVID-19 yang rendah. Risiko penularan Corona di Indonesia kini berada di Level 1.

Dikutip dari laman resmi CDC per Senin (20/12/2021), Indonesia masih 'anteng' di level 1 penularan COVID-19 menurut penilaian lembaga tersebut.

Sementara beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang juga telah mendeteksi varian Omicron masih masuk dalam kategori penularan tingggi dan sangat tinggi. CDC merekomendasikan agar warga AS menghindari bepergian ke wilayah tersebut.



Simak Video "Top 5 2021: Vaksinasi Covid-19 Perdana hingga Varian Omicron Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)