Kamis, 23 Des 2021 07:00 WIB

3 Cara Sederhana Mengatasi Burnout, Salah Satunya Detoks Medsos

Hartaty Varadifa - detikHealth
Asian, Indian young woman rubbing her eye and holding eyeglasses. She is suffering with aching eyes while working long hours on computer at home. Mengatasi burnout (Foto: iStock)
Jakarta -

Tidak hanya memperhatikan kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk dirawat. Meskipun tidak ada orang yang 100 persen sehat, tetapi alangkah baiknya bisa berusaha untuk menjaga kesehatan mental.

Sama hal nya dengan menjaga kesehatan fisik, kita bisa melakukan medical check up sebulan sekali ataupun setahun sekali. Untuk merawat kesehatan mental kita juga perlu melatih emosi dan self-care.

Salah satu kesehatan mental yang menjadi perhatian banyak orang saat ini adalah burnout. Burnout merupakan kondisi dimana seseorang merasa banyak emosi yang muncul. Kondisi ini kerap dialami oleh perempuan.

Hal tersebut dinyatakan oleh psikolog anak dan keluarga Anastasya Satriyo. Ia juga menyatakan bahwa kadar burnout setiap orang berbeda-beda. Maka tidak perlu membandingkannya dengan orang lain.

"Analoginya kita angkat beban nih, buat bunda yang sudah biasa olahraga angkat beban 10 kg, mungkin gampang banget buat dia. Mungkin udah advanced banget nih 20-30 kg itu sudah biasa buat dia," kata Anas, dikutip dari Haibunda, Rabu (22/12/2021).

"Tapi buat orang yang nggak pernah olahraga, angkat beban 5 kg saja sudah capek banget. Dan ini bukan berarti satu lebih jago, tapi sudah terbiasa saja. Dalam kesehatan mental seperti itu."

Psikolog tersebut juga menyebutkan permisalan lainnya. Seperti ibu yang baru saja memiliki bayi tidak bisa disamakan dengan ibu yang sudah memiliki dua atau tiga anak. Sebab ibu yang baru saja memiliki bayi kerap mengalami burnout karena adanya perubahan hormon yang cukup drastis.

Untuk mengatasinya berikut 3 cara yang dapat dilakukan:

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Burnout Akibat WFH, Begini Cara Mengatasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)