Kamis, 23 Des 2021 13:00 WIB

Dialami Mbah Minto Artis Parodi Gagal Mudik, Begini Bahaya Jatuh di Kamar Mandi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak Foto: Mbah Minto beraksi lagi, kali ini kampanye jaga jarak (tangkapan layar IG ucup_jbsklaten)
Jakarta -

Netizen berduka atas meninggalnya Mbah Minto di usia 85 tahun. Mbah Minto meninggal dunia usai sebelumnya dikabarkan terjatuh di kamar mandi.

Mbah Minto yang dikenal sebagai artis parodi gagal mudik tersebut meninggal dunia di RS Islam Klaten. Ia sebelumnya sempat dirawat di ICU selama empat hari.

"Ada kabar sebelumnya terpeleset di kamar mandi. Tapi meninggalnya setelah dirawat di RS Islam (Klaten)," ungkap Sekretaris Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Warsono kepada detikcom, Kamis (23/12/2021) pagi saat dikonfirmasi ponselnya.

Bahaya jatuh di kamar mandi

Studi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan 234 ribu orang berusia 15 tahun hingga lansia dirawat di rumah sakit akibat jatuh di kamar mandi. Laporan per 2008 silam ini menunjukkan rata-rata sekitar 640 orang dirawat di rumah sakit karena insiden tersebut.

"Apa yang menarik dalam penelitian ini adalah bahwa meskipun tingkat cedera lebih rendah pada orang yang lebih muda, orang-orang dari segala usia bisa jatuh di kamar mandi," kata Judy Stevens, penulis utama studi dan ahli epidemiologi terkait insiden jatuh pada orang dewasa.

Lebih dari 80 persen orang mengalami cedera akibat terpeleset dan jatuh di kamar mandi, termasuk cedera otak traumatis saat kepala terbentur benda keras seperti tepi bak mandi dan perlengkapan mandi lainnya. Sekitar 30 persen dari cedera tersebut termasuk sayatan, goresan dan memar.

Orang dewasa di atas usia 85 lebih berisiko patah tulang akibat jatuh dari kamar mandi.

Risiko tinggi cedera akibat jatuh di kamar mandi dikarenakan kamar mandi biasanya berukuran kecil dan permukaan di dalamnya sering kali basah. Ini meningkatkan kemungkinan jatuh dan kemungkinan orang yang jatuh akan menabrak sesuatu hingga berakibat cedera lebih lanjut.

CDC merekomendasikan menempatkan strip anti-selip di bak mandi dan memasang pegangan di samping bak mandi, pancuran dan toilet. Lantai di kamar mandi umum dan pribadi harus dibersihkan secara teratur untuk mencegah penumpukan air, sabun, atau sampah yang juga dapat menyebabkan terpeleset dan jatuh.



Simak Video "Sikap WHO Terkait Pencabutan Hak Aborsi 'Roe v Wade' di AS"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)