Jumat, 24 Des 2021 07:02 WIB

5 Tips Melahirkan Normal Minim Trauma, Mau Tahu?

Sponsored - detikHealth
Ilustrasi Melahirkan Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Menunggu kelahiran buah hati memang menjadi salah satu dambaan bagi keluarga. Sebagian besar ibu yang telah mengandung buah hatinya selama 9 bulan, tentu mengharapkan proses melahirkan secara normal.

Jika kamu termasuk salah satu ibu yang tengah menunggu kelahiran sang buah hati, ada beberapa hal yang bisa mulai dilakukan sejak hamil. Melansir WebMD, berikut ini adalah beberapa tips melahirkan normal minim trauma yang bisa kamu lakukan.

1. Afirmasi Positif

Afirmasi positif merupakan kalimat positif yang kamu ucapkan untuk meningkatkan mood, memberikan semangat, bahkan bisa membuat sesuatu yang terlihat sulit seperti proses melahirkan menjadi terasa mudah. Afirmasi positif ini berguna untuk menghilangkan kecemasan bagi ibu yang akan melahirkan, sehingga hormon oksitosin akan meningkat yang membuat proses kelahiran menjadi lebih cepat.

2. Buatlah Birth Plan

Agar proses melahirkan lancar, kamu juga harus membuat birth plan atau rencana kelahiran sang buah hati. hal terpenting dari perencanaan kelahiran adalah provider atau tempat kamu akan melahirkan. Kamu bisa memilih tempat melahirkan sesuai dengan preferensimu.

Jika ingin melahirkan normal, pilihlah tempat dan provider yang pro normal. Kamu juga bisa meminta bantuan doula untuk mendampingi proses persalinanmu agar terasa lebih nyaman.

3. Jaga Posisi Janin Tetap Optimal

Salah satu faktor penting lancar atau tidaknya proses melahirkan yaitu posisi janin. Agar proses persalinan lebih lancar kamu harus memberikan ruang kepada janin agar dapat bergerak dan dapat memposisikan diri dengan optimal. Caranya bisa dengan melakukan gerakan-gerakan prenatal yoga hingga menjaga postur tubuh selama kehamilan.

4. Ikuti Kelas Persiapan Kelahiran

Menyambut kelahiran sang buah hati tentu harus ada persiapan yang matang. Terkadang ibu baru bingung bagaimana cara mempersiapkannya. Nah, bagi yang masih bingung, mengikuti kelas persiapan kelahiran bisa sangat membantu.

Di kelas ini kamu akan diajari mulai dari menjaga kehamilan agar selalu sehat, mempersiapkan fisik dan mental untuk melahirkan, bahkan ada juga kelas postpartum atau masa setelah kamu menjadi ibu.

5. Olahraga dan Jaga Postur Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di poin ketiga, olahraga dan menjaga postur tubuh sangat penting untuk membantu janin menempatkan diri dan berada pada posisi optimal siap lahir. Olahraga selama kehamilan tidak perlu terlalu berat seperti yoga, jalan kaki, dan berenang.

6. Konsumsi Gizi Seimbang

Asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral harus tetap kamu dapatkan selama kehamilan. Bahkan, asupan vitamin seperti Vitamin A, B, C, dan D perlu ditambah untuk menjaga keseimbangan hormon pada tahap akhir kehamilan.

Untuk menunjang seluruh persiapan, kamu bisa mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral misalnya Bundavin. Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui.

Bundavin diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil tidak sampai kekurangan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Bundavin bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

Ilustrasi MelahirkanFoto: Dok. Shutterstock

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Nah, sekarang sudah tahu kan 5 tips melahirkan normal dengan lancar dan minim trauma? Yuk terapkan kelima tips ini untuk menyambut sang buah hati dengan kondisi yang sehat dan bahagia.

(Content Promotion/Samco)