Senin, 27 Des 2021 13:03 WIB

Kasusnya Naik Gegara Omicron, Luhut Minta Anak-anak Segera Divaksin

Ayunda Septiani - detikHealth
Image of a young asian girl getting a vaccine injection on her arm from a healthcare worker. Woman accompanying her daughter to get a vaccine injection at medical clinic. Luhut minta anak-anak segera divaksin. (Foto: Getty Images/hxyume)
Jakarta -

Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan negara yang kemasukan Omicron semakin bertambah. Hingga Minggu (26/12/2021), Omicron telah terdeteksi di 115 negara dunia dan total kasus mencapai lebih dari 184 ribu.

Selain itu, Luhut juga menyampaikan kasus anak mengalami peningkatan karena varian Omicron.

"Oleh karena itu saya meminta para orang tua untuk membawa anak-anak, bapak ibu untuk segera divaksinasi," tegasnya dalam konferensi pers virtual Senin (27/12/2021).

Meski penyebaran varian Omicron cepat, menurut Luhut, data dari negara lain menyebutkan kematian akibat Omicron jauh lebih rendah dibanding varian Delta. Studi yang dilakukan di Inggris juga menunjukkan risiko perawatan yang lebih baik dibanding Delta.

"Kasus di Afrika juga sudah menunjukkan tren flattening. Kelihatan membaik," katanya.

Hingga kemarin, total kasus Omicron yang terdeteksi di Indonesia tercatat 46 kasus. Hampir semua kasus dari pelaku perjalanan luar negeri, kecuali dua kasus lokal terkait pekerja Wisma Atlet yang tertular pelancong.

"Oleh karena itu pemerintah kembali meminta masyarakat untuk tidak ke luar negeri kecuali itu sesuatu yang benar-benar urgent," tegas Luhut lagi.



Simak Video "Temuan Seputar Varian Omicron yang Perlu Jadi Perhatian"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)