Rabu, 29 Des 2021 08:04 WIB

15 Obat Jerawat Alami yang Paling Ampuh, Cobain Deh!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi jerawat Obat jerawat alami. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Obat jerawat alami diklaim ampuh untuk mengatasi masalah jerawat, terutama jerawat meradang. Ditambah lagi, obat jerawat alami tidak memberikan efek samping terlalu parah karena menggunakan bahan-bahan yang aman dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Umumnya orang yang pergi ke dokter akan mendapatkan obat jerawat medis dan perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk perawatan. Namun, penggunaan obat tersebut tentunya tidak boleh sembarangan karena bisa ada efek sampingnya.

Lalu, apa saja obat jerawat alami yang ampuh untuk meredakan jerawat meradang? Dikutip dari berbagai sumber, berikut obat jerawat alami yang ampuh dan mudah ditemukan.

Obat Jerawat Alami

1. Mentimun

Mentimun adalah salah satu obat jerawat alami yang memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, vitamin, serta asam amino. Kandungan-kandungan tersebut diklaim mampu atasi jerawat meradang di wajah.

Caranya: Gunakan mentimun sebagai masker pada kulit berjerawat. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan bersih. Agar hasilnya maksimal, gunakan secara teratur ya.

2. Lidah buaya

Obat jerawat alami berikutnya adalah lidah buaya. Kandungan polifenol di dalam lidah buaya mampu membersihkan jerawat secara menyeluruh jika digunakannya secara teratur.

Caranya: Ambil gel lidah buaya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Putih telur

Selain enak untuk disantap, putih telur ternyata berguna juga untuk obat jerawat alami loh. Putih telur memiliki kandungan enzim lisozim yang mampu menghilangkan jerawat secara cepat.

Caranya: Pisahkan putih telur dari kuningnya dan tambahkan air perasan lemon. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air bersih. Gunakan 3 kali seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

4. Madu

Madu kerap kali digunakan sebagai bahan perawatan kulit, baik itu mengatasi jerawat meradang dan juga membuat kulit wajah jadi halus. Madu juga bisa ditambahkan dengan kayu manis untuk dijadikan sebagai masker yang berguna melawan bakteri jahat di wajah.

Caranya: Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membuat pasta. Oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.

5. Cuka apel

Obat jerawat alami berikutnya adalah cuka apel. Selain bagus untuk kesehatan, cuka apel bisa meredakan peradangan akibat jerawat di wajah. Kandungan antiseptik pada cuka apel ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, terutama digunakan secara rutin.

Caranya: Gunakan kapas dan tuangkan cuka apel untuk dijadikan sebagai toner. Diamkan selama 2-5 menit dan bilas dengan air bersih. Perlu diingat untuk tidak menggunakannya berlama-lama karena cuka apel dapat menyebabkan muka iritasi.

6. Es batu

Es batu diklaim sebagai salah satu obat jerawat alami yang ampuh mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.

Jika ingin menghilangkan jerawat dalam waktu yang cepat, bisa menggunakan es batu. Es batu bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat. Caranya, bisa dengan mengoleskan es batu pada wajah yang berjerawat hingga beberapa kali.

7. Alpukat

Alpukat memang dikenal banyak manfaatnya. Selain ampuh untuk menurunkan berat badan, alpukat juga bisa meredakan jerawat. Hal ini karena alpukat memiliki vitamin E yang ampuh mengurangi peradangan pada kulit berjerawat,

Caranya: Haluskan daging alpukat hingga membentuk masker dan tambahkan 1 sendok madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata, diamkan 20-30 menit, dan bilas dengan air bersih.

8. Tomat

Obat jerawat alami berikutnya adalah tomat. Sebagai informasi, tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang membantu menghilangkan jerawat.

Caranya: Ambil 1 buah tomat dan potong menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan tomat ke seluruh wajah dan diamkan 20 hingga 30 menit. Bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang ampuh mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat di kulit wajah.

Caranya: Gunakan pepaya sebagai masker alami dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan bersih dan lakukan 3 kali seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

10. Oatmeal

Tidak hanya dianggap sebagai makanan diet sehat, oatmeal juga memiliki sifat antiinflamasi yang bagus dijadikan sebagai obat jerawat alami.

Caranya: Campurkan 2 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh baking soda, dan air, lalu aduk hingga merata. Aplikasikan masker oatmeal tersebut ke seluruh muka. Diamkan 10-15 menit dan bilas sampai bersih.

11. Air lemon

Obat jerawat berikutnya adalah air lemon. Kandungan asam askorbat pada lemon ternyata sangat manjur untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya di kulit wajah.

Caranya: Peras 1 buah lemon dan oleskan airnya ke permukaan wajah yang berjerawat. Tunggu selama 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

12. Bawang putih

Bawang putih memiliki zat sulfur yang bisa meredakan peradangan akibat jerawat di muka.

Caranya: Potong 1 siung bawang putih menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada jerawat maupun bekas jerawat. Gunakan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

13. Teh hijau

Teh hijau memang sangat manjur untuk kesehatan, salah satunya jerawat. Kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau mampu melawan peradangan, mengurangi sebum, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Caranya: Seduh teh hijau dengan air mendidih selama 3-4 menit dan diamkan hingga dingin. Setelah itu, tuangkan air teh hijau tersebut menggunakan kapas dan oleskan ke kulit wajah.

14. Kulit jeruk

Jarang orang mengetahui khasiat kulit jeruk yang ternyata mengandung vitamin A,C, dan flavonoid yang dipercaya bisa menjadi obat jerawat alami.

Caranya: Jemur kulit jeruk hingga kering dan tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan oleskan bubuk kulit jeruk ke wajah seperti masker. Setelah itu, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih

15. Tea tree oil

Tea tree oil adalah obat jerawat alami yang paling populer untuk mengobati jerawat. Hal ini karena sifat antiinflamasi dan antimikrobanya mampu menenangkan peradangan akibat jerawat di wajah.

Caranya: Campurkan tea tree oil ke pelembap yang digunakan atau dioleskan langsung menggunakan kapas.

Itulah 15 obat jerawat alami yang mudah dicari dan ampuh digunakan untuk meredakan jerawat yang meradang di wajah.

BACA JUGA:



Simak Video "Obat Covid Remdesivir Disetujui untuk Anak di Bawah 12 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)