Rabu, 29 Des 2021 15:33 WIB

Kasus Omicron Indonesia Hari Ini Jadi 68, Ini Gejala yang Perlu Kamu Tahu

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19 Kasus Omicron Indonesia berjumlah 68 kasus, ini gejalanya (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melaporkan 21 temuan kasus Omicron Indonesia, sehingga total kasus sebanyak 68 orang. Kasus tersebut merupakan imported cases yang berasal dari pelaku perjalanan Turki dan Uni Emirat Arab.

"Tadi pagi kita temukan lagi 21 orang (pasien Omicron). Jadi total kasus hingga hari ini sebanyak 68 orang," kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Rabu (29/12/2021).

Dengan adanya kasus Omicron tersebut, masyarakat diimbau untuk waspada dengan gejala yang timbul. Dirangkum detikcom, berikut beberapa gejala saat terinfeksi varian Omicron:

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, pasien Omicron saat ini dalam kondisi baik-baik saja. Mereka tidak menunjukkan gejala khas COVID-19 atau asimtomatik.

Pada kasus COVID-19 varian awal, seseorang yang terinfeksi umumnya mengeluhkan sakit tenggorokan, demam, batuk terus menerus dan gejala COVID lainnya.

Namun, seorang pakar asal New Zealand dr Gary Bartlett mengungkapkan pasien yang terinfeksi Omicron lebih cenderung mengalami gejala ringan ketimbang Delta.

"Gejala Omicron awalnya mungkin tampak lebih ringan dibandingkan dengan infeksi dari varian Delta. Gejala COVID-19 yang mungkin lebih spesifik untuk varian Omicron termasuk tenggorokan gatal yang bertentangan dengan sakit tenggorokan, batuk kering terus-menerus, kelelahan dan kelelahan yang ekstrem, nyeri dan nyeri otot, dan keringat malam," beber dr Bartlett yang dikutip dari Express UK.

Gejala spesifik dari varian Omicron

  • Rasa gatal aneh di tenggorokkan
  • Kelelahan yang ekstrem
  • Nyeri otot
  • Keringat malam hari
  • Batuk kering terus menerus
  • Ruam biang keringat (ruam tipe cacar air)


Simak Video "Kasus Omicron RI Capai Angka 882, Tersebar di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)