Rabu, 29 Des 2021 21:56 WIB

Mengenal 7 Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Portrait of a female doctor Organ Pernapasan Manusia (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebagaimana kita ketahui, manusia hidup dengan bernapas. Dalam proses pernapasan, terdapat organ pernapasan manusia yang bekerja dengan fungsinya masing-masing.

Organ pernapasan manusia merupakan organ yang membantu sistem pernapasan untuk menghirup oksigen (O2) atau zat asam dari udara ke dalam tubuh, kemudian mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air.

Terdapat dua proses dalam pernapasan, yaitu proses secara internal dan eksternal. Proses pernapasan internal merupakan pertukaran udara yang terjadi antara darah dan sel-sel tubuh.

Sedangkan proses eksternal merupakan pertukaran udara antara darah dan atmosfer yang terjadi pada permukaan alveolus di dalam paru-paru. Selain itu, sistem pernapasan manusia memiliki struktur dan fungsi yang kompleks loh.

Organ Pernapasan Manusia

Kira-kira apa saja sih organ pernapasan manusia yang selalu bekerja untuk memproses pernapasan kita setiap hari? Berikut penjelasannya:

1. Rongga hidung

Organ pernapasan manusia yang pertama adalah rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan bulu hidung. Bulu ini berfungsi untuk menyaring udara supaya tidak ada kotoran yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Sedangkan selaput lendir berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan udara.

2. Laring

Laring atau disebut sebagai pangkal tenggorokan, terletak di persimpangan faring. Laring memiliki dua pita suara yang berguna untuk memproduksi suara.

Umumnya akan ada udara yang keluar dari mulut saat kita berbicara. Udara ini lewat melalui pita suara yang saling berhimpitan sehingga mengakibatkan timbulnya getaran.

3. Trakea

Trakea juga termasuk sebagai salah satu organ pernapasan manusia loh. Organ ini terletak di depan kerongkongan yang terdiri dari tulang-tulang rawan berbentuk seperti cincin.

Istilah lain dari trakea adalah batang tenggorokan yang tugasnya mengalirkan udara ke paru-paru.

4. Bronkus

Bronkus adalah percabangan saluran udara dari trakea menuju bagian kanan dan kiri paru-paru. Organ pernapasan manusia yang satu ini tersusun atas tulang rawan dan otot-otot halus yang dilapisi oleh selaput lendir.

5. Bronkiolus

Bronkiolus adalah cabang bronkus yang berfungsi menyalurkan udara di dalam paru-paru. Pada bronkiolus bagian kanan paru-paru terdapat tiga lobus, sedangkan bagian kiri terdapat dua lobus.

6. Paru-paru

Organ pernapasan manusia berikutnya adalah paru-paru. Organ ini terletak di dalam tulang rusuk dan berjumlah dua atau sepasang. Paru-paru berfungsi sebagai tempat menampung udara sehingga oksigen pun dapat disalurkan ke seluruh tubuh.

7. Alveolus

Dalam organ pernapasan paru-paru terdapat kantong-kantong kecil yang disebut alveolus. Organ ini berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Jadi, guys proses pernapasan itu tidak hanya dilalui dari hidung ke paru-paru saja, tetapi ada juga organ pernapasan manusia lainnya yang ikut mengelola pernapasan di dalam tubuh.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)