Jumat, 31 Des 2021 11:15 WIB

BPOM Bakal Keluarkan EUA Vaksin Booster Pekan Depan, Pakai Jenis Apa?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viostin DS dan Enzyplex Ditarik Dari Peredaran

Kepala Bada Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito melakukan jumpa pers terkait perkembangan kasus pelanggaran produk Viostin DS dan Enzyplex yang mengandung DNA babi di Jakarta, Senin (5/6/2018). Dalam hasil penyelidikan BPOM, kedua produk tersebut positif mengandung DNA babi. Atas temuan ini kedua produk tersebut ditarik dari peredaran. Grandyos Zafna/detikcom BPOM bakal mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin booster pekan depan. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) bakal memberikan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 booster pekan depan. Vaksin booster yang akan disetujui bersifat homologous, atau jenis vaksin yang diberikan dari dosis pertama hingga dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 serupa.

"Awal minggu depan untuk yang homologus ada yang bisa sudah keluar," tutur Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat dihubungi detikcom Jumat (31/12/2021).

Ia tidak merinci vaksin COVID-19 booster yang akan disetujui pekan depan, lantaran masih berproses. Namun, ia memastikan ada empat vaksin COVID-19 yang bakal disetujui untuk vaksinasi booster.

"Masih proses. Ada vaksin Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, dan Sinopharm," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah bakal melakukan vaksinasi booster mulai 12 Januari mendatang. Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu, kini tengah disiapkan stok vaksin COVID-19 hingga alur pelayanan dan rencana simulasi vaksinasi.

"Iya betul rencana kick off tanggal 12 januari 2022. Kami sedang melakukan persiapan-persiapan terkait regulasi, pemetaan sasaran , kesiapan logistik vaksin, alur pelayanan dan rencana simulasi sblm tgl 12 Januari di Jabotabek," sambungnya.



Simak Video "Catat! Hadiri Kegiatan Berskala Besar Kini Wajib Sudah Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)