Jumat, 31 Des 2021 19:30 WIB

5 Ciri-ciri Kista Ovarium pada Wanita, Patut Diwaspadai Ya!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Image of a woman in a white dress and 3d model of the reproductive system of women above her hands. Concept of a healthy female reproductive system. Ciri-ciri kista ovarium (Foto: Getty Images/iStockphoto/SvetaZi)
Jakarta -

Salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dialami oleh wanita adalah kista ovarium. Terdapat sejumlah ciri-ciri kista ovarium yang umumnya akan dirasakan oleh wanita yang mengidapnya. Namun, beberapa di antaranya ada juga yang tidak merasakan gejala apapun.

Dikutip dari berbagai sumber, Jumat (31/12/2021), kista ovarium adalah kantung yang berisi cairan dan berkembang di ovarium. Pada umumnya, kista ini dapat muncul secara alami atau akibat beberapa faktor, seperti hormon, kehamilan, endometriosis, infeksi panggul, dan memiliki riwayat kista ovarium.

Walaupun kista ovarium dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan. Namun, kita tidak boleh menghiraukannya. Mengapa? Karena kista ovarium juga bisa mengakibatkan komplikasi serius.

Lantas, bagaimana kita mengetahui adanya kista ovarium? Berikut 5 ciri-ciri kista ovarium yang telah detikcom rangkum dari berbagai sumber.

Ciri-ciri Kista Ovarium

Kenali beberapa ciri kista ovarium berikut:

1. Nyeri pada Panggul

Wanita yang mengidap kista ovarium akan merasa sakit yang tumpul dan berat pada bagian panggul. Bahkan, akan merasa sensasi ditusuk-tusuk dengan benda tajam pada bagian panggul. Ciri-ciri kista ovarium ini terbilang umum dirasakan oleh pengidapnya.

"Jika rasa sakit menjadi parah, Anda mungkin menderita torsio ovarium," ucap dr. Shirazian

2. Sakit saat Berhubungan Intim

Ciri-ciri kista ovarium sering kali dialami oleh para pengidapnya saat melakukan hubungan intim. Dikutip dari news24, wanita yang mengidap kista ovarium akan merasa nyeri di satu sisi saat penis penetrasi di dalam vagina.

"Beberapa kista yang semakin besar dapat tertinggal di belakang rahim, dan dalam kasus tersebut berada tepat di dekat leher rahim Anda," tutur dr. Chapman-Davis, ahli onkologi ginekologi di Weill Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.

"Jadi Anda mungkin akan merasa sakit dengan penetrasi yang dalam," lanjutnya.

3. Perut Terasa Kembung dan Bengkak

Perlu diperhatikan nih, perut kembung juga bisa menjadi ciri-ciri kista ovarium loh. Hal tersebut disebabkan oleh kista yang semakin membesar di ovarium.

"Kebanyakan perempuan mengalami kista di bawah 10cm. Tetapi beberapa kista bisa tumbuh menjadi sangat besar, seperti ukuran semangka," ucap dr. Eloise Chapman-Davis.

4. Merasa Kenyang

Serupa dengan fibroid uterus, kista ovarium dapat menyebabkan perut terasa kenyang dan berat. Menurut dr. Shirazian, kista adalah sebuah massa yang menempati banyak ruang, sehingga dapat memberikan sensasi rasa kenyang dan tertekan.

5. Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri kista ovarium juga dapat ditandai dengan volume buang air kecil. Menurut dr. Chapman-Davis, kista dapat menekan kandung kemih, dapat membuat wanita yang mengidapnya seperti harus buang air kecil.

Dari 5 ciri-ciri kista ovarium ini, ada baiknya kita jangan menyepelekannya. Meskipun kista ovarium adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh banyak wanita, namun penyakit ini juga dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius loh. Bahkan, bisa berubah menjadi kanker bila kita tidak menanganinya dengan cepat.



Simak Video "Penjelasan Kemenkes soal Kriteria Suspek-Konfirmasi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)