Rabu, 05 Jan 2022 14:31 WIB

Ilmuwan Ungkap Gejala yang Dialami Terduga Pasien Nol 'Varian IHU'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya Gejala varian IHU. (Foto ilustrasi: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Usai Omicron, kini muncul varian baru COVID-19 yang diidentifikasi di Prancis oleh para ilmuwan di IHU Méditerranée Infection di Marseilles. Varian itu adalah B.1.640.2 atau disebut juga varian IHU.

Para ilmuwan mengatakan 'varian IHU' tersebut kemungkinan berasal dari Kamerun. Varian tersebut diidentifikasi pada 12 pasien di Southern Alps, di saat varian Omicron tengah melonjak di Afrika Selatan.

Dalam penelitian yang belum peer-review di medRxiv, para peneliti menduga bahwa pasien nol varian IHU ini baru saja kembali dari Afrika. Para peneliti di IHU menemukan bahwa pasien tersebut terinfeksi dengan mutasi virus yang tidak biasa.

Kini, varian B.1.640.2 atau 'varian IHU' ini diklasifikasikan sebagai Variant Under Monitoring atau varian dalam pemantauan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Mereka pun masih melakukan investigasi pada varian tersebut.Para peneliti mengatakan pasien pria tersebut sudah divaksinasi COVID-19. Ia juga diketahui mengalami gejala pernapasan ringan, satu hari sebelum didiagnosis positif varian IHU.

"Varian (B.1.640.2 atau varian IHU) telah ada di radar kami. Virus itu memiliki banyak peluang untuk menyebar," kata Abdi Mahamud dari WHO sekaligus epidemiolog yang dikutip dari New York Post, Rabu (5/1/2022).

"Terlalu dini untuk berspekulasi tentang fitur virologi, epidemiologi, atau klinis dari varian IHU ini hanya berdasarkan dari 12 kasus ini," lanjutnya.



Simak Video "Pakar Kesehatan China Bicara Terkait Temuan Varian 'IHU'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)