Rabu, 05 Jan 2022 15:30 WIB

Anang Hermansyah Jalani Transplantasi Rambut di Turki, Seperti Ini Prosesnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
anang hermansyah lakukan transplantasi rambut Anang Hermansyah jalani prosedur transplantasi rambut. (Foto: YouTube)
Jakarta -

Musisi Anang Hermansyah yang kini berada di Turki tengah menjalani transplantasi rambut. Ini terlihat dalam channel YouTube milik Atta Halilintar sedang diantar oleh Aurel dan Ashanty.

Diketahui, Anang memang ingin sekali memiliki rambut yang lebat. Sebab, kondisi rambutnya saat ini sudah mulai menipis. Salah satu dokter di sana menjelaskan prosedur yang akan dilakukan untuk transplantasi rambut ini.

"Nanti jadi di bagian-bagian tertentu akan dilebatkan ya tapi ini pakai rambut sendiri kok," kata staf di sana.

"Iya nantinya kalau belakang itu harus disuntik ya nanti soalnya untuk membantu pertumbuhan rambutnya," terang staf tersebut.

Transplantasi rambut merupakan prosedur di mana ahli bedah plastik atau dermatologis untuk memindahkan rambut ke area kepala yang botak. Dikutip dari Healthline, dokter bedah biasanya memindahkan rambut dari belakang atau samping kepala, ke bagian depan atau atas kepala.

Seperti apa prosedurnya?

Setelah membersihkan kulit kepala secara menyeluruh, ahli bedah akan melakukan anastesi lokal untuk mematikan rasa di area kepala. Ada dua teknik utama digunakan untuk mendapatkan folikel untuk transplantasi, yaitu FUT dan FUE.

Transplantasi unit folikel (FUT)

Pada teknik ini, dokter bedah akan menggunakan pisau bedah untuk menyayat potongan kulit kepala dari bagian belakang beberapa inci. Kemudian, sayatan itu ditutup dengan jahitan.

Tahap selanjutnya, ahli bedah akan memisahkan bagian kulit kepala yang dibuang menjadi bagian-bagian kecil menggunakan lensa pembesar dan pisau bedah. Lalu, bagian tersebut akan ditanamkan. Bagian yang ditanam itu akan membantu mencapai pertumbuhan rambut yang tampak alami.

Ekstraksi unit folikel (FUE)

Pada teknik ini, folikel rambut akan potong langsung dari bagian belakang kepala melalui ratusan hingga ribuan sayatan. Dokter bedah akan membuat lubang kecil dengan pisau atau jarum di area kulit kepala pasien transplantasi rambut.

Pada tahapan ini, dokter akan menempatkan rambut di lubang ini dengan lembut. Dalam satu sesi perawatan, dokter dapat mentransplantasi ratusan hingga ribuan rambut.

Setelah itu, dokter akan menutupi kulit kepala dengan kasa atau perban selama beberapa hari. Prosedur ini bisa menghabiskan waktu selama 4 jam atau lebih. Kemudian, jahitan akan dilepas sekitar 10 hari pasca operasi.

Jika ingin mendapatkan hasil rambut yang penuh, perlu melakukan 3-4 kali prosedur ini. Ini akan dilakukan dalam jangka waktu berbulan-bulan, setelah tiap sesi transplantasi sudah sembuh sepenuhnya.



Simak Video "Ini Saran dan Pantangan untuk Pasien Implan Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)