Ada 'Super Immunity' COVID-19 di RI? 86 Persen Populasi Sudah Punya Antibodi

ADVERTISEMENT

Round Up

Ada 'Super Immunity' COVID-19 di RI? 86 Persen Populasi Sudah Punya Antibodi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 05 Jan 2022 20:15 WIB
3D ILLUSTRATION VIRUS WITH Indonesia FLAG, CORONAVIRUS, Flu coronavirus floating, micro view, pandemic virus infection, asian flu.
Sudah ada 'super immunity' COVID-19 di Indonesia? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Alexander Sanchez)
Jakarta -

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi sempat menyinggung super immunity COVID-19 yang mungkin sudah terbentuk di Indonesia. Bagaimana dengan hasil serosurvei yang sudah dilakukan?

Serosurvei dilakukan untuk mengetahui seroprevalensi, yakni seberapa banyak populasi yang sudah memiliki antibodi untuk menangkal SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19. Survei ini dilakukan di 100 kabupaten dan kota di Indonesia.

Dalam konferensi pers baru-baru ini, juru bicara satgas COVID-19 mengungkap hasilnya. Disebutkan, sebagian besar penduduk yang disurvei memang sudah mengalami pembentukan antibodi.

"86,6 Persen populasi yang daerahnya disurvei telah memiliki antibodi SARS-CoV-2 baik karena telah terinfeksi sebelumnya atau karena vaksinasi," kata juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, Selasa (4/1/2022).

"Dan 73,2 persen populasi dari daerah yang disurvei ternyata memiliki antibodi padahal belum pernah terdeteksi positif maupun tervaksinasi COVID-19," lanjut Prof Wiku.

Survei dilakukan di 100 wilayah baik yang termasuk dalam aglomerasi maupun non aglomerasi. Periode survei adalah November hingga Desember 2021.

Dalam kesempatan sebelumnya, dr Nadia menyinggung bahwa titer antibodi yang terbentuk di masyarakat saat ini cukup tinggi. Kemungkinan hal itu karena dampak infeksi varian Delta dan juga vaksinasi.

"Jadi, apa yang disebut sebagai super immunity itu, itu mungkin yang terjadi," lanjutnya.

Meski demikian, dr Nadia mengimbau untuk tidak lengah. Terlebih dengan masuknya varian Omicron, yang hingga saat ini sifat-sifatnya belum diketahui pasti. Termasuk, apakah bisa ditangkal dengan super immunity COVID-19.



Simak Video "3 Poin Penting Seputar 'Super Immunity' yang Perlu Jadi Catatan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT