Kamis, 06 Jan 2022 23:00 WIB

Waspada Lonjakan Pasien Omicron, Wisma Atlet Siap Buka Dua Tower

Ayunda Septiani - detikHealth
Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tiba di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/12). RSDC Wisma Atlet. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

RSCD Wisma Atlet menyebutkan kesiapan penuh untuk mengantisipasi lonjakan pasien Corona imbas adanya penyebaran varian baru Omicron.

Kepala Humas RSDC Wisma Atlet, Kolonel Mintoro Sumego menyebut kesiapan mulai dari ketersediaan obat dan oksigen, hingga pembukaan tower baru.

"Jadi sementara ini yang kita gunakan itu tower 5 dan 6, kalau nanti ada lonjakan, tower 4 dan tower 7 akan kita gunakan untuk isolasi. Nanti akan kita koordinasi dengan bagian terkait," kata dia pada wartawan, Rabu (5/1/2021).

Selain itu, Mintoro juga memastikan penyiagaan terhadap tenaga kesehatan. Stok oksigen dan obat-obatan, kata dia, juga disiapkan untuk 4 bulan ke depan.

"Oksigen dan obat-obatan ini kita cukup persediaan sampai 4 bulan ke depan," kata Mintoro.

Ia menambahkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi untuk menambah jumlah tenaga medis apabila ada peningkatan pasien Omicron.

"Kalau terjadi peningkatan pasien harus dibarengi dengan peningkatan SDM. SDM-nya kita koordinasikan dengan PPSDM Kemenkes, TNI dan Polri," katanya.

Hingga Rabu (5/1/2022), Wisma Atlet telah merawat 177 pasien Omicron. Dari jumlah yang ada, 41 orang di antaranya dinyatakan telah sembuh dan boleh diizinkan pulang. Sementara untuk 136 lainnya masih dirawat.

Sementara secara keseluruhan, Wisma Atlet saat ini mencatat sebanyak 1.206 dirawat hingga Rabu. Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan awal Desember 2021 yang hanya merawat sekitar 115 pasien.



Simak Video "RSDC Wisma Atlet Dipenuhi 5.000 Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)