Kamis, 06 Jan 2022 22:30 WIB

Mengenal Amlodipine Obat Hipertensi: Manfaat, Dosis, Efek Samping

Maulida Balqis - detikHealth
ilustrasi minum obat Ilustrasi amlodipine. (Foto: iStock)
Jakarta -

Amlodipine dikenal sebagai obat untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, selain mengobati hipertensi, obat generik ini juga bisa mengobati beberapa penyakit lainnya, seperti jantung koroner dan angina. Berikut manfaat, dosis, dan efek samping dari Amlodipine.

Amlodipine merupakan obat generik yang biasa diresepkan bagi penderita hipertensi. Obat berbentuk tablet ini juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri dada (angina) dan penyakit jantung koroner. Penggunaan Amlodipine dapat dikonsumsi sendiri atau dikombinasikan dengan obat lain, seperti obat jantung, obat antijamur, atau obat masalah ereksi.

Amlodipine umumnya bekerja dengan merelaksasi pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu memompa darah terlalu keras. Ia mengontrol nyeri pada dada dengan meningkatkan suplai darah ke jantung. Obat ini termasuk ke dalam kelas obat penghambat saluran kalsium.

Ia menghalangi kalsium memasuki jaringan dan arteri tertentu. Hal ini akan membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga darah dapat mengalir dengan lebih mudah ke jantung. Dengan demikian, tekanan darah akan menurun dan risiko serangan jantung atau stroke dapat diperkecil.

Manfaat Amlodipine

Amlodipine mungkin dapat diresepkan dokter untuk kegunaan lain. Namun umumnya, Amlodipine digunakan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi, angina, serta penyakit jantung koroner. Perlu diketahui bahwa Amlodipine tidak bisa menyembuhkan kondisi-kondisi tersebut. Ia bekerja dengan mengontrol pembuluh darah agar kondisi yang diderita tidak semakin parah. Sebaiknya tetap konsumsi Amlodipine bahkan bila Anda telah merasa sehat. Jangan berhenti minum tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Penggunaan Amlodipine

Amlodipine umumnya diminum sekali sehari. Disarankan untuk minum Amlodipine pada waktu yang sama untuk membantu Anda mengingat waktu minum obat. Ikuti petunjuk sesuai dengan anjuran dokter. Bila Amlodipine berbentuk cairan, maka kocok terlebih dahulu sebelum diminum. Penting untuk diingat, jangan biarkan orang lain meminum obat Anda. Sebab dosis yang dibutuhkan tiap orang tentu berbeda-beda tergantung dengan kondisi masing-masing.

Efek Samping Amlodipine

Penggunaan Amlodipine dapat menyebabkan beberapa efek samping. Berikut efek samping yang dapat ditimbulkan:

  • Pembengkakan pada tangan, kaki, pergelangan kaki, atau tungkai bawah
  • Pusing atau sakit kepala ringan
  • Sakit perut
  • Mual
  • Kantuk
  • Kelelahan yang berlebihan

Perlu diketahui bahwa beberapa efek samping penggunaan Amlodipine juga bisa sangat serius. Segeralah hubungi dokter bila mengalami gejala-gejala berikut:

  • Nyeri dada terus-menerus
  • Jantung berdebar
  • Pingsan


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Hipertensi Tak Dikontrol"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)