Jumat, 07 Jan 2022 15:04 WIB

Ashanty Isolasi COVID-19 di RS, Bayar Sendiri atau Ditanggung? Ini Aturannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ashanty Ashanty positif Corona. (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Ashanty kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit usai dinyatakan positif COVID-19. Ashanty bersama 6 orang lainnya positif COVID-19 sepulang dari Turki.

Tidak sedikit yang menyuarakan tentang pembiayaan penanganan COVID-19 Ashanty selama di rumah sakit. Diketahui Ashanty kini dirawat di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta.

"Apakah yg isolasi model begini (di RS) ditanggung negara krn dia dari LN???? Bgmna dgn pasien transmisi lokal yg hrs dirawat di RS....???," tulis akun

Ashanty juga menjawab komentar salah satu pengguna Instagram yang penasaran dengan hal tersebut. Wanita 37 tahun ini menjawab ia menanggung sendiri biaya isolasinya di rumah sakit.

"Beban negara kalau saya di Wisma Atlet. Ini saya di RS isolasi dan tanggungan sendiri," tulis Ashanty di Instagram Stories seperti yang dilihat detikcom, Jumat (7/1/2022).

Seperti apa sih aturan pembiayaan COVID-19?

Pemerintah menjamin perawatan biaya pasien COVID-19 sepenuhnya ditanggung negara. Rumah Sakit tidak dibenarkan menarik biaya dari pasien COVID-19.

Hal ini ditegaskan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dalam keterangan tertulis di situs Covid19.go.id yang dipublikasikan 30 Januari 2021 silam.

Namun demikian, ada tambahan biaya yang dikenakan kepada pasien atau keluarga pasien apabila terjadi kondisi seperti ini:

  • Ingin mendapatkan layanan yang lebih, sehingga naik kelas layanan, sehingga ada selisih biaya yang dimintakan kepada pasien.
  • Pasien dan keluarga pasien ingin mendapatkan pelayanan di luar yang ditanggung.

"Namun dalam situasi ketika pasien dan keluarga pasien COVID-19 ingin mendapatkan layanan yang lebih, sehingga naik kelas layanan ada selisih biaya yang dimintakan kepada pasien. Atau ketika pasien dan keluarga pasien ingin mendapatkan pelayanan di luar yang ditanggung," tulis pernyataan tersebut.

Selain itu, Kementerian Kesehatan baru-baru ini mengeluarkan surat edaran mengenai pembiayaan isolasi pasien COVID-19 khususnya pasien Corona yang terindikasi Omicron.

"Pembiayaan isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan COVID-19 varian Omicron (B.1.1.529.) dan karantina terpusat dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan sumber dana lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis Kemenkes dalam SE yang ditandatangani Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin 30 Desember 2021 lalu.

Hingga kini masih belum diketahui apakah Ashanty tertular COVID-19 varian Omicron atau bukan. Pihak terkait mengatakan masih melakukan pemeriksan untuk memastikan apakah yang bersangkutan positif COVID-19 varian Omicron atau lainnya.



Simak Video "Kedua Kalinya Ashanty Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)