Disebut Kena Omicron, Ini 6 Fakta Ashanty Positif COVID-19 Termasuk Gejalanya

ADVERTISEMENT

Disebut Kena Omicron, Ini 6 Fakta Ashanty Positif COVID-19 Termasuk Gejalanya

Hartaty Varadifa - detikHealth
Jumat, 07 Jan 2022 19:01 WIB
Ashanty kulineran di Cappadocia
Ashanty positif COVID-19. (Foto: Instagram @ashanty_Ash)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan melaporkan terdapat 6 orang dari rombongan keluarga Ashanty terdeteksi COVID-19 setelah melakukan perjalanan ke Turki.

"Dari 13 rombongan, ada enam yang positif COVID-19," ungkap Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom, Jumat (7/1/2022).

Dari 13 orang rombongan Ashanty enam di antaranya ada yang mengalami gejala ringan hingga tanpa gejala.

"1 sampai 2 orang bergejala batuk dan pilek, gejala ringan. Sementara yang lain tidak bergejala," sambung dr Nadia.

Viral terkait Ashanty disebut terdeteksi Omicron belum bisa dipastikan, tetapi tetap dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah benar terpapar Omicron.

Berikut fakta-fakta di balik Ashanty dikabarkan terpapar Omicron:

1. Kemenkes buka suara Ashanty disebut kena Omicron

Kemenkes membenarkan Ashanty positif COVID-19 melalui PCR tes gene target failure (SGTF) tetapi perlu pemeriksaan lebih lanjut apakah yang bersangkutan benar terpapar Omicron.

"Sepertinya masih diperiksa (apakah terkait Omicron)," ujar dr Nadia.

2. Diisolasi di rumah sakit

Ashanty menegaskan dirinya saat ini tengah diisolasi di rumah sakit. Kabar baiknya, ia belum merasakan gejala berat COVID-19.

"Alhamdulillah belum merasakan gejala berat. Namun, saya tetap menjalankan prosedur sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan. Dan agar tidak menyebarkan pada orang lain. Sehingga saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di RS," tulisnya dalam Instagram Story, Jumat (7/1/2022).

3. Positif COVID-19 tes SGTF

Ashanty dinyatakan positif COVID-19 melalui tes PCR s gene target failure, yang juga biasa dipakai untuk mengidentifikasi kemungkinan varian Omicron. Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto menyatakan, semua pelaku perjalanan luar negeri kedatangan Turki diduga terpapar Omicron.

Untuk mendeteksi awal COVID-19 varian Omicron memang dilakukan dengan tes khusus yaitu PCR s gene target failure (SGTF). Lalu, untuk memastikan apakah Ashanty benar terpapar Omicron tetap harus dilakukan whole genome sequencing.

4. Khawatir karena ada riwayat autoimun

Sementara Anang khawatir dengan kondisi Ashanty karena memiliki riwayat autoimun. Anang berharap infeksi Omicron hanya memicu gejala ringan.

"Kondisi Ashanty di rumah sakit, doakan mudah-mudahan seperti di berita bahwa Omicron tidak membahayakan, ringan-ringan. Yang kita panik adalah dia autoimun, ini yang jadi pemikiran kita," ungkap Anang kepada detikcom.

5. Terpapar COVID-19 yang kedua kali

Ashanty sebelumnya sempat terpapar COVID-19 di awal tahun 2021 dengan keluhan gejala meriang, batuk, demam, dan sesak napas.

6. Belum ada keterangan siapa 6 orang dari rombongan Ashanty terpapar Omicron

Diketahui rombongan artis ini yaitu keluarga Ashanty dan keluarga besar Atta Halilintar sedang berlibur ke Turki. Mereka tiba di Indonesia pada Kamis (6/1/2022) dan hasil tes COVID-19 keluar pada Jumat (7/1/2022) yang menunjukkan 6 diantaranya positif Covid-19.

Tetapi, belum ada keterangan lebih lanjut bagaimana kondisi enam kasus COVID-19 tersebut.

Sementara, kasus Omicron di Indonesia hingga saat ini berjumlah 254 kasus. Ada kasus penularan lokal, beberapa di antaranya tersebar di DKI Jakarta, Medan, Surabaya, hingga Bali.

dr Nadia menyebutkan ada kemungkinan peningkatan kasus Omicron bisa dua kali lipat. Meski gejala yang ditemukan didominasi infeksi ringan, bukan berarti fasilitas kesehatan tidak akan terbebani. Jika kasus terus bertambah maka akan berdampak pada fasilitas kesehatan seperti ruang isolasi atau perawatan yang semakin penuh.



Simak Video "99% Warga RI Kebal Covid-19, Kemenkes: Kuncinya Kelengkapan Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT