Sabtu, 08 Jan 2022 10:15 WIB

Kronologi Ashanty Kena COVID-19 Diduga Omicron Sepulang Liburan dari Turki

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ashanty kulineran di Cappadocia Momen Ashanty saat berlibur di Turki. (Foto: Instagram @ashanty_Ash)
Jakarta -

Penyanyi Ashanty positif COVID-19 usai pulang dari berlibur di Turki. Ia yang semula menjalani karantina di hotel sebagai syarat pelaku perjalanan luar negeri kini dipindahkan ke rumah sakit.

Hasil pemeriksaan SGTF (S-gene Target Failure) menunjukkan Ashanty positif yang kemudian dicurigai Omicron. Kemenkes membenarkan Ashanty positif COVID-19 melalui PCR tes gene target failure (SGTF) tetapi perlu pemeriksaan lebih lanjut apakah yang bersangkutan benar terpapar Omicron.

"Sepertinya masih diperiksa (apakah terkait Omicron)," ujar dr Nadia.

Berikut fakta-fakta di balik Ashanty dikabarkan terpapar Omicron:

Sudah PCR 2 kali di Turki

Sebelum kembali ke Indonesia, Ashanty dan rombongannya telah melakukan dua kali tes PCR di Istanbul, Turki. Dari kedua tes tersebut hasilnya negatif.

"Saya 2 kali PCR di Istanbul ketika mau pulang. Di hotel maupun di bandara negatif," tulis Ashanty lewat Instagram Story miliknya yang dilihat detikcom, Jumat (7/1/2022).

Positif COVID-19 tes SGTF

Ashanty dinyatakan positif COVID-19 melalui tes PCR s gene target failure, yang juga biasa dipakai untuk mengidentifikasi kemungkinan varian Omicron. Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID-19 Hery Trianto menyatakan, semua pelaku perjalanan luar negeri kedatangan Turki diduga terpapar Omicron.

"Semua yang pulang dari luar negeri harus dicurigai (omicron), karena kan Turki juga salah satu negara yang diwaspadai," kata Hery.

Hery mengatakan Ashanty baru dinyatakan positif setelah sampai di salah satu hotel di Jakarta. Ia menegaskan secara prosedur karantina, Ashanty sudah menjalaninya.

Untuk mendeteksi awal COVID-19 varian Omicron memang dilakukan dengan tes khusus yaitu PCR s gene target failure (SGTF). Lalu, untuk memastikan apakah Ashanty benar terpapar Omicron tetap harus dilakukan whole genome sequencing.

Kondisi Ashanty

Saat ini Ashanty masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta. Ashanty mengungkap gejala COVID-19 yang dikeluhkannya. Disebutkan, gejala yang dirasakan lebih ringan.

"Sekarang yang saya rasakan hanya flu biasa dan sedikit batuk...masih bisa chat dll karena keadaannya Alhamdulillah masih baik," tutur wanita berusia 37 tahun itu.



Simak Video "Kedua Kalinya Ashanty Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)