Sabtu, 08 Jan 2022 11:30 WIB

Kasus COVID-19 Global Tembus 300 Juta!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Corona Viruses against Dark Background Kasus Corona di dunia tembus 300 juta. (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Jumlah total kasus COVID-19 yang terdaftar di seluruh dunia melewati 300 juta pada Jumat (7/1/2022). Penyebaran cepat varian Omicron membuat beberapa negara kembali mencatatkan rekor infeksi harian baru dalam seminggu terakhir.

Dilaporkan AFP, terhitung tujuh hari terakhir, 34 negara mencatat jumlah kasus mingguan tertinggi sejak awal pandemi, termasuk 18 negara di Eropa dan tujuh di Afrika, berdasarkan angka resmi yang dilaporkan negara-negara tersebut.

Kenaikan kasus yang tinggi juga dipicu oleh kemunculan varian Omicron, varian Corona yang lebih menular daripada aslinya. Dalam waktu seminggu, sudah ada laporan 135,5 juta kasus varian Omicron.

Meski disebut tidak memberikan gejala berat, namun dengan rata-rata global 2 juta kasus baru yang terdeteksi setiap hari, para ahli memperingatkan jumlah ini masih membanjiri sistem kesehatan.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, Omicron tidak boleh dikategorikan sebagai ringan, karena menyebabkan orang dirawat dan meninggal.

"Faktanya, tsunami kasus sangat besar dan cepat, sehingga membanjiri sistem kesehatan di seluruh dunia," katanya.



Simak Video "Tekan Kasus Infeksi Omicron, India Mulai Vaksinasi Remaja"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)