Minggu, 09 Jan 2022 09:00 WIB

Pentingnya Asam Folat dan Vitamin B12 Selama Masa Kehamilan

Sponsored - detikHealth
Vitabiotics Foto: Vitabiotics
Jakarta -

Vitamin B9, atau lebih dikenal sebagai asam folat adalah sebuah nutrisi penting di dalam tubuh yang dibutuhkan oleh semua orang. Asam folat membantu tubuh untuk memproduksi dan memelihara sel-sel baru dan membantu mencegah mutasi DNA yang bisa mengakibatkan kanker.

Kekurangan asupan asam folat bisa mengakibatkan gangguan darah seperti hyperhomocysteinemia dan anemia. Gangguan ini sering ditandai dengan kurangnya energi, kelelahan, kulit pucat dan sesak napas.

"Pentingnya asam folat selama masa kehamilan telah diteliti secara baik dan tambahan suplemen asam folat selama 12 minggu pertama masa kehamilan direkomendasikan oleh banyak organisasi terpercaya, termasuk National Health Service (NHS) dan Women's Health," ujar Senior Vice President, Direktur Vitabiotics Ltd, UK, Rohit Shelatkar B Pharmacy, MSc dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/1/2022).

Penelitian secara luas juga menunjukkan mengonsumsi asam folat 400 mcg setiap hari dapat mengurangi risiko kerusakan tabung saraf. NHS pun merekomendasikan semua wanita berusia subur untuk mengonsumsi suplemen asam folat sebanyak 400 micrograms setiap hari sebelum mereka hamil dan selama 12 minggu pertama masa kehamilan, ketika tulang belakang bayi sedang terbentuk.

Asam folat umumnya ditemukan pada makanan seperti kacang polong, telur, buah sitrus, kacang tanah, dan sayuran hijau. Walaupun makanan-makanan tersebut sarat akan nutrisi dan menyediakan banyak vitamin dan mineral, tetapi perlu jumlah yang sangat besar dan tidak realistik untuk bisa mencukupi kebutuhan asam folat sebesar 400 mcg per hari.

Contohnya, diperlukan 17 butir telur, 8 jeruk berukuran besar, 540 grams kacang merah dan lebih dari 206 gram bayam mentah untuk mencapai jumlah 400 mcg asam folat yang diinginkan. Bagaimana pun juga, asupan makanan dalam jumlah besar ini tidak praktis. Selain itu, mengonsumsi kalori dalam jumlah besar akan mengakibatkan kenaikan berat badan.

VitabioticsFoto: Vitabiotics

"Akhirnya minum suplemen disarankan karena bisa menyediakan dosis asam folat yang pasti dan lebih nyaman dikonsumsi. Walaupun sering dijumpai makanan sehari-hari seperti roti dan sereal diperkaya dengan asam folat, penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian orang masih tetap belum dapat memenuhi dosis asam folat harian yang direkomendasikan," tambah Shelatkar.

Selain suplemen asam folat yang telah banyak dipelajari untuk masa kehamilan, penelitian juga menunjukkan pentingnya vitamin B12 untuk digunakan secara bersamaan dengan asam folat. Shelatkar menambahkan beberapa penelitian mengenai kehamilan dengan kerusakan tabung saraf menunjukkan kurangnya vitamin B12 di dalam air ketuban.

Sebaliknya, penelitian lain telah menunjukkan mengonsumsi suplemen asam folat dan vitamin B12 secara bersamaan mengurangi risiko cacat lahir yang disebabkan tulang belakang dan sumsum tulang belakang bayi tidak terbentuk secara tepat, formasi langit-langit tulang rusuk yang tidak sempurna, ginjal yang abnormal, dan gangguan berat janin pada tikus.

Meningkatkan kesadaran dan informasi perihal penggunaan Vitamin B12 bersama asam folat saat ini telah mendorong banyak organisasi seperti American Pregnancy dan NHS merekomendasikan untuk mengonsumsi kedua nutrisi tersebut secara bersamaan, dibandingkan mengonsumsi asam folat saja.

Kesimpulannya, asam folat memainkan peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaannya secara luas telah direkomendasikan untuk masa kehamilan. Walaupun ada sumber-sumber dari makanan sehari-hari, jumlah konsumsi yang sangat besar sering kali dibutuhkan untuk dapat memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan, sehingga banyak organisasi lebih merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen.

Ada banyak penelitian mengenai suplemen asam folat dan hubungannya dengan pengurangan risiko kecacatan tabung saraf. Saat ini juga terjadi peningkatan kesadaran mengenai pentingnya vitamin B12 digunakan secara bersamaan dengan asam folat.

(Content Promotion/Vitabiotics)