Minggu, 09 Jan 2022 06:00 WIB

7 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh, Nampol Khasiatnya!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Granola With Fresh Fruit-Photographed on Hasselblad H1-22mb Camera Manfaat yoghurt (Foto: iStock)
Jakarta -

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang telah menjadi tren makanan di masyarakat saat ini. Selain mengonsumsinya secara langsung, yoghurt juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk makanan lainnya, seperti smoothies.

Dikutip dari berbagai sumber, yoghurt mengandung nutrisi dan sejumlah zat yang bagus untuk kesehatan, seperti vitamin B, D, magnesium, kalsium, probiotik, dan lainnya.

Bahkan, kandungan probiotik atau bakteri baik di dalam yoghurt diklaim ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat Yoghurt

Selain bagus untuk pencernaan, apalagi sih manfaat yoghurt ini? Dikutip dari Times of India, Jumat (07/01/2022) berikut informasinya:

1. Menjaga tulang agar tetap sehat

Mengonsumsi semangkuk yoghurt dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin D di dalamnya membantu memperkuat dan menjaga kepadatan tulang loh. Selain itu, konsumsi yoghurt sesering mungkin dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Dikutip dari National Health Service, osteoporosis adalah kondisi melemahnya tulang yang dapat membuatnya rapuh dan mudah patah.

2. Mengandung bakteri baik

Selain mengandung kultur aktif, yoghurt juga memiliki probiotik yang dapat hidup di saluran pencernaan. Probiotik ini berfungsi untuk menghilangkan semua mikroorganisme berbahaya yang dapat merusak usus atau organ sistem lainnya.

3. Membantu menurunkan darah tinggi

Tak hanya kalsium, yoghurt juga mengandung banyak kalium yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Yoghurt bisa membuat kulit tampak lebih bersih dan mulus loh. Mengapa? Karena kandungan asam laktat dalam yoghurt bertindak sebagai exfoliator yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Bisa juga digunakan sebagai masker wajah agar kulit tampak lebih sehat dan cerah.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt dapat membantu merangsang sel darah putih melawan infeksi aliran darah. Itu mengapa kekebalan tubuh atau imun seseorang jauh lebih kuat.

6. Mengurangi risiko infeksi jamur

Menurut studi, mengonsumsi yoghurt dapat mengurangi infeksi jamur di dalam vagina. Sebab, kandungannya yang kaya probiotik dapat menghilangkan bakteri atau jamur.

7. Bisa bantu turunkan berat badan

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh international Journal of Obesity tahun 2005, asupan kalsium melalui yoghurt membantu tubuh menggunakan lemak yang tersimpan. Dengan begitu, tubuh akan terlihat lebih ramping dan ideal.

Manfaat yoghurt bagi kesehatan memang terbukti dan tak perlu diragukan lagi. Namun, mengonsumsinya juga harus rutin agar hasilnya maksimal. Selain itu, bagi yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum mengonsumsi yoghurt.



Simak Video "Yoghurt dan Kefir, Serupa tapi Tak Sama"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)