Selasa, 11 Jan 2022 11:21 WIB

5 Makanan Terbaik yang Disarankan Dokter Jika Terpapar Omicron

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hospital COVID
Healthcare workers during an intubation procedure to a COVID patient Punya gejala Omicron? Ini makanan yang disarankan. (Foto: Getty Images/Tempura)
Jakarta -

Omicron memicu ledakan kasus di banyak negara, tertinggi di Amerika Serikat yang menyentuh 1 juta kasus per hari. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin belakangan menyebut Indonesia juga akan mengalami gelombang Omicron, tetapi masyarakat diminta tak panik.

Ia meyakini kenaikan pesat akibat Omicron juga akan melandai dengan cepat seperti di banyak negara. Transmisi lokal varian Omicron di Indonesia kini mencapai 50 kasus, menyebar di Jakarta, Bandung hingga potensi Bali dan Surabaya.

Dikutip dari Eat This, profesional kesehatan menyebut gejala Omicron akan sangat ringan bila sudah divaksinasi lengkap bahkan vaksinasi booster. Namun, bila gejala tetap muncul dan membuat tak nafsu makan, ada beberapa makanan yang disarankan.

"Orang yang terkena terkena Omicron, Delta, atau Influenza, sebenarnya tidak memiliki selera makan yang besar," kata Robert G Lahita MD PhD yang disapa dr Bob, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong.

"Terlebih ketika terpapar Omicron, tenggorokannya terasa sangat sakit, seolah-olah Anda menderita radang tenggorokan. Bahkan minum pun sakit."

Lantaran sakit tenggorokan akibat terpapar Omicron cenderung parah, pasien umumnya menjadi tak merasa lapar. Salah satu makanan yang bisa mengatasinya disebut dr Bob adalah yogurt.

1. Yogurt

Saat terpapar Omicron, dr Bob menyarankan untuk mengonsumsi yogurt. Membuat rasa sakit tenggorokan membaik, terasa lembut, dingin, dan dikemas dengan protein yang bisa membuat pasien kenyang.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah mungkin makan yogurt dan mungkin menaruh beberapa granola pada yogurt," kata dr Bob.

"Potong juga beberapa pisang untuk potasium, dan campurkan. Tapi pisangnya harus kecil-kecil karena ingat, akan sangat sulit bagi penderita Omicron untuk menelannya."

2. Es krim

Es krim tampaknya terdengar seperti bukan makanan untuk orang yang sedang sakit. Namun, dr Bob menilai es krim bisa menjadi alternatif makanan saat tenggorokan sedang sakit.

"Hal lain, jika Anda tidak menderita diabetes, adalah es krim, sesuatu yang akan melewati [tenggorokan] Anda dengan cara yang mudah," kata dr Bob.

"Itu memberi Anda glukosa dan juga protein, jadi Anda setidaknya bisa menjaga berat badan. Banyak orang yang terpapar Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar."

3. Minuman dengan elektrolit

"Cairan itu penting," kata dr Bob.

"Selalu baik untuk memastikan ada beberapa elektrolit, terutama jika Anda mengalami diare dan muntah. Jika Anda memiliki elektrolit, yang disediakan Gatorade dan minuman nutrisi lainnya, Anda tidak kekurangan kalium dan kadar natrium Anda tetap normal."

4. Sup

Terpapar Omicron dan gejala COVID-19 di tenggorokan terus muncul, sup bisa menjadi jawaban untuk makanan yang disarankan dikonsumsi.

"Makanan mudah lainnya di tenggorokan yang bisa Anda cicipi adalah secangkir sup atau kaldu," sebutnya.

"Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus," kata dr Bob.

Menurutnya, sup mengandung semacam protein dan sayuran di dalam sup bisa membantu tubuh memberi beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat melawan infeksi.

5. Milkshake

Siapa sangka milkshake vanilla dan cokelat jadi makanan yang disarankan saat terpapar Omicron.

"Milkshake vanilla, milkshake cokelat, apa pun yang mudah diminum sangat penting," kata dr Bob. "Saya telah berbicara dengan begitu banyak pasien yang menderita Omicron dan mereka semua mengatakan hal yang sama, 'oh, kami membutuhkan makanan ringan.'"

Untungnya, minum protein shake lebih ringan di perut dibandingkan dengan smoothie. Campurkan bubuk protein favorit dengan es dan susu (atau alternatif susu) untuk meningkatkan protein dan setidaknya memberi asupan beberapa zat.

5. Jangan lupakan sayur

Jika gejala pasien Omicron tampak membaik dan sudah kembali memiliki selera makan, dr Bob menyarankan untuk mengembalikan porsi makan seperti biasa. Satu hal yang terpenting jangan melewatkan asupan sayur.

"Jika Anda bisa makan makanan biasa, lakukanlah," kata dr Bob.

"Sayuran benar-benar enak, sayuran silangan seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel enak, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua hal ini menjaga nutrisi yang akan Anda perlukan, dan hal-hal yang Anda perlukan."



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)