ADVERTISEMENT

Rabu, 12 Jan 2022 12:40 WIB

Maaf, Menkes Bawa Kabar Kurang Enak Soal Situasi Omicron di RI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Pemerintah mencatat tambahan 92 kasus varian Omicron pada Senin (10/1/2022), menjadikan total 506 orang terinfeksi. Di antara kasus tersebut, ada 84 pasien Omicron lain merupakan transmisi atau penularan lokal.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti agar seluruh warga waspada terhadap penularan Omicron. Terlebih ciri-ciri varian ini adalah menyebar dengan sangat cepat dibandingkan varian sebelumnya.

"Pasti akan ada kenaikan kasus yang cukup tinggi dan cukup cepat. Kita harus waspada dan hati-hati, kita harus siaga," kata Menkes dalam konferensi pers, Rabu (12/1/2022).

Meski demikian ia tetap mengingatkan warga agar tidak panik dalam menghadapinya karena kasus yang masuk rumah sakit jauh lebih rendah dibandingkan sebelumnya dibandingkan gelombang Delta.

Selain itu sudah ada cara yang efektif untuk menekan transmisi varian Omicron. Kunci menghadapi gelombang Omicron di Indonesia adalah dengan patuh protokol kesehatan.

"Cara menanggulangi menghadapi gelombang Omicron ini sama dengan seperti kita menghadapi virus SARS Cov 2, dan nomor satu yang paling penting kita harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, pakai masker hal utama yang harus dilakukan," jelas Menkes.



Simak Video "Satgas Laporkan Tingkat Kepatuhan Prokes Warga Masih Naik-Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT