Jumat, 14 Jan 2022 08:00 WIB

Diduga Kena Omicron, Kok Bisa Thariq Halilintar Kena COVID-19 Sampai 3x?

Ayunda Septiani - detikHealth
Keseruan Thariq Halilintar Saat Makan Bareng Atta-Aurel dan Gen Halilintar Foto: Instagram thariqhalilintar
Jakarta -

Thariq Halilintar terkonfirmasi positif COVID-19 dan menurutnya kemungkinan terpapar varian Omicron. Meski hanya merasakan gejala flu biasa, Adik Atta Halilintar ini pun mengaku jika dirinya sudah terpapar COVID-19 sebanyak 3 kali.

"Aku dari kemarin nggak ada gejala, gada yang parah, karena aku udah 2x kena COVID-19, dan ini yang ke-3. Jadi dari COVID yang sebelumnya ini yang paling (kayak flu biasa kayak pilek)," ungkap Thariq melalui video di YouTube Thor Daily yang berjudul Thoriq Buka-bukaan, dikutip detikcom, Jumat (14/1/2022).

Terkait reinfeksi, apa penyebab varian Omicron berisiko menginfeksi orang yang sudah pernah terinfeksi virus Corona sebelumnya?

Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan RSUP Persahabatan, dr Prasenohadi, SpP, KIC, PhD, mengatakan hal tersebut sebenarnya disebabkan antibodi dari vaksin yang menurun dengan seiring waktu. Ditambah, dalam varian Omicron terdapat mutasi yang kuat menginfeksi orang yang mengalami penurunan daya tahan tubuh.

"Penjelasannya sederhana, bahwa kalau seseorang sudah divaksinasi maka kita bisa melihat antibodi terhadap virus tersebut. Pada satu kondisi tertentu, maka antibodi itu akan berkurang, menurun, sehingga kalau terjadi infeksi virus yang lain maka akan mudah terinfeksi kembali," terangnya dalam siaran YouTube BNPB Indonesia, Kamis (30/12/2021).

"Pada kasus dengan Omicron ada satu mutasi yang menyebabkan virus ini bisa menyebabkan infeksi kembali akibat daya tahan tubuh atau antibodi yang menurun pada seseorang," lanjutnya.

Lihat juga Video: Thariq Halilintar Umumkan Terjangkit Virus Corona

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/up)