Jumat, 14 Jan 2022 16:22 WIB

Jakarta Diguncang Gempa! Awas, Terlalu Panik Juga Bahaya

Firdaus Anwar - detikHealth
Pusat gempa M 6,7 di Banten (dok. BMKG) Foto: Pusat gempa M 6,7 di Banten (dok. BMKG)
Jakarta -

Gempa kuat terasa di Jakarta dan sekitarnya pada Jumat (14/1/2022), sore hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa berkekuatan 6,7 M yang pusatnya di Sumur, Banten.

Gempa yang berlangsung selama beberapa menit. Sebagian orang mungkin panik dan berlarian keluar dari rumah atau bangunan.

Terkait hal tersebut, psikolog dari Personal Growth Veronica Adesla menyarankan agar orang-orang tidak panik berlebihan. Panik dan stres bisa membuat situasi memburuk saat gempa terjadi.

Sangat penting untuk tetap tenang selama gempa bumi sehingga Anda bisa berpikir secara rasional dan menghindari melakukan hal-hal yang membuat orang lain dalam bahaya.

"Deg-degan boleh tapi jangan panik dan tetap waspada. Sikap waspada memungkinkan kita bertindak sesuai prosedur yang harus dijalani saat terjadi gempa, misal segera keluar gedung atau melindungi diri," kata Veronica beberapa waktu lalu.

United States Geological Survey (USGS) menyebut berlari karena panik merupakan salah satu penyebab umum cedera saat gempa.

"Jangan berlari menuruni tangga atau ke luar selama bangunan berguncang. Ada bahaya Anda akan jatuh dan melukai diri sendiri atau terkena pecahan gelas atau barang-barang," ungkap USGS.



Simak Video "Mindful Demography, Cara Unik Kurangi Overthinking"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)