Sabtu, 15 Jan 2022 08:08 WIB

CDC Pebarui Pedoman Masker untuk Hadapi Omicron, Ini yang Sekarang Efektif!

Firdaus Anwar - detikHealth
A asian man remove the N95 mask from his face Foto: Getty Images/iStockphoto/rukawajung
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperbarui pedoman memakai masker pada Jumat (14/1/2022). Hal ini dilakukan di tengah gelombang COVID-19 yang dihadapi Amerika Serikat akibat varian Omicron.

CDC kini tidak secara spesifik merekomendasikan satu model masker. Orang-orang diharap dapat menggunakan masker dengan tingkat pelindungan terbaik yang ada dan dipakai dengan benar secara konsisten.

CDC mengakui untuk saat ini yang terpenting adalah mendorong orang-orang memakai masker dengan benar daripada hanya merekomendasikan jenis masker tertentu.

"Masker adalah alat kesehatan masyarakat yang penting untuk mencegah penyebaran COVID-19. Penting untuk diingat bahwa masker apapun lebih baik daripada sama sekali tidak menggunakan masker," tulis CDC seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (15/1/2022).

Pada akhirnya bila kemudian ada orang yang bisa memilih, masker dari jenis N95 atau KN95 yang dipasang dengan benar tetap direkomendasikan oleh CDC.

"Meski semua masker dan respirator bisa memberi berbagai tingkat perlindungan, respirator yang dipasang dengan baik memberikan tingkat perlindungan tertinggi," ungkap CDC.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)