Selasa, 18 Jan 2022 18:08 WIB

Luna Maya Ungkap Alasan Dirinya Mantap Bekukan Sel Telur

Ayunda Septiani - detikHealth
Jakarta -

Model sekaligus artis Luna Maya mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan egg freezing atau pembekuan sel telur. Hal tersebut ia ungkap lewat kanal YouTube Venna Melinda Channel pada Jumat (14/1/2022) lalu.

Apa alasan Luna Maya bekukan sel telur?

Luna Maya melakukan pembekuan sel telurnya di usia sebelum 40 tahun agar ia siap menjadi ibu di masa mendatang.

Menurutnya, usia seharusnya tidak menjadi masalah dalam hal menjalani peran menjadi seorang ibu. Ia pun saat ini selalu menjalani pola hidup yang sehat, dan ia tidak merasa terbebani oleh usianya yang kini sudah menginjak 38 tahun.

"Dan aku pikir dengan teknologi dan pola hidup aku, aku rasa aku cukup sehat seusiaku dan aku masih punya energi itu. Dan entah kenapa aku merasa, aku tidak terbebani usia sih, nggak tahu kenapa," kata bintang film Cinta Silver itu.

Luna juga mengaku bahwa ia sebetulnya ingin melakukan pembekuan sel telur ini sejak empat tahun lalu, namun baru bisa terlaksana pada tahun 2021.

"Aku sebenarnya udah pengen dari 4 tahun yang lalu, Mbak. Cuman baru kesampaian tahun lalu, karena ternyata di Indonesia ada," kata Luna kepada Venna Melinda.

Tambahan informasi, dikutip dari laman Mayo Clinic, pembekuan sel telur atau dikenal dengan istilah oocyte cryopreservation adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan wanita untuk hamil di masa depan.

Telur yang diambil dari ovarium nantinya akan dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan nanti. Telur beku dapat dicairkan, dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di rahim seperti halnya proses bayi tabung (fertilisasi in vitro).

(ayd/kna)