Jumat, 21 Jan 2022 07:03 WIB

Dear Bumil, Ini Daftar Vitamin yang Harus Dipenuhi Selama Kehamilan

Sponsored - detikHealth
Ilustrasi ibu hamil Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Pentingnya menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi yang tepat untuk tubuh perlu diperhatikan oleh setiap orang dari segala usia. Namun, hal ini menjadi lebih penting bagi para ibu hamil di masa kehamilannya.

Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan berpengaruh pada sang ibu dan juga calon buah hati. Jika nutrisi ibu hamil tak terpenuhi, tumbuh dan kembang bayi dapat terhambat dan menjadikan bayi terlahir tidak sehat. Sebaliknya, nutrisi yang terpenuhi dengan baik dapat membantu pertumbuhan bayi menjadi lebih sehat sejak dalam kandungan.

Untuk itu, calon ibu perlu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan sehat. Dilansir dari berbagai sumber, kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil bisa didapat dari vitamin dan mineral berikut ini.

● Asam Folat

Asam folat atau vitamin B9 merupakan salah satu nutrisi penting yang mesti dipenuhi sejak awal masa kehamilan. Nutrisi ini dapat membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel-sel baru serta bantu mencegah mutasi DNA yang bisa mengakibatkan kanker.

Melansir NHS, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg setiap hari. Hal ini dikatakan dapat mengurangi risiko kerusakan tabung saraf. Asam folat umumnya dapat ditemukan pada sayuran hijau serta kacang polong, telur, kacang tanah, dan lain sebagainya.

● Zat Besi

Kebutuhan akan zat besi meningkat secara signifikan selama masa kehamilan, sebab volume darah ibu meningkat hingga 45%. Zat besi dibutuhkan untuk membantu transportasi oksigen, juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dan plasenta.

Kekurangan zat besi bisa menimbulkan anemia pada ibu dan bayi yang dilahirkan, bahkan bisa menyebabkan kelahiran prematur dan depresi pada ibu. Meski demikian, calon ibu juga tak boleh mengonsumsi zat besi berlebihan untuk menghindari efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

● Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan ibu dan bayi agar tulang dan gigi jadi kuat. Kalsium juga membantu sistem peredaran darah, otot, dan saraf supaya berjalan normal.

Nutrisi ini bisa didapatkan dari produk susu yang mudah diserap tubuh. Selain itu, kalsium juga bisa didapat dari sumber lain, seperti brokoli dan kangkung.

● Yodium

Tak cuma dari garam, mineral ini bisa juga ditemukan di makanan laut seperti rumput laut, ikan tuna, dan udang, susu, dan telur. Nutrisi ini penting untuk mencegah risiko terjadinya komplikasi kehamilan yang berbahaya bagi janin. Sebab, yodium memerankan peran penting dalam pembentukan hormon tiroid yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan otak.

● Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan, otot, dan saraf. Kebutuhan nutrisi ini penting untuk dipenuhi selama kehamilan, guna mencegah risiko hipertensi kronis dan persalinan prematur.

● Vitamin A

Vitamin A berperan penting untuk perkembangan penglihatan janin dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan jaringan dan sel-sel tubuh ibu hamil serta janin. Namun, asupannya perlu disesuaikan karena kelebihan vitamin A saat hamil juga tak boleh berlebihan.

● Vitamin D

Pada masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D lebih banyak dari orang biasa. Vitamin D diketahui membantu fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang. Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari, selain itu bisa juga melalui makanan seperti ikan, telur, daging merah, dan lain sebagainya.

● Vitamin B6

Sama seperti vitamin lainnya, vitamin B6 juga menjadi nutrisi yang dapat memengaruhi kondisi ibu dan janin. Vitamin ini bekerja dengan membantu melepas energi dari makanan untuk mempertahankan kesehatan. Kekurangan vitamin B6 bisa mengakibatkan preeklampsia, intoleransi karbohidrat, hiperemesis gravidarum, dan penyakit neurologis bayi. Serta menimbulkan anemia karena gangguan produksi sel darah merah.

● Vitamin B12

Vitamin B12 berperan untuk menjaga sistem saraf bayi dan mencegah hilang ingatan setelah melahirkan. Kebutuhan rata-rata vitamin B12 harian untuk ibu hamil adalah 2,6 mcg. Adapun rekomendasi makanan yang tinggi vitamin B12 antara lain, udang, ikan kod, hati sapi, dan susu.

Itu dia sejumlah kebutuhan vitamin dan mineral yang penting untuk dipenuhi oleh ibu hamil. Selain bersumber dari makanan, ibu hamil juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen tambahan, seperti Bundavin. Bundavin adalah suplemen multivitamin dan mineral yang diproduksi oleh PT. Samco Farma untuk ibu hamil dan menyusui.

Bundavin dapat diberikan sebagai tambahan nutrisi untuk menjaga ibu hamil agar tidak kekurangan vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan janin yang dikandungnya. Bundavin bertindak sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seperti asam folat, zat besi, yodium, serta kalsium.

Suplemen diberikan jika asupan nutrisi dinilai belum tercukupi dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Terutama untuk ibu hamil trimester pertama yang kerap tidak terpenuhi asupan nutrisinya akibat sering mual dan muntah.

BundavinBundavin Foto: Samco Farma

Saat ini, Bundavin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Merapi Utama Pharma, PT Daya Muda Agung, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, di nomor 087880779521.

Adapun bagi yang berada di luar Jabodetabek, produk ini bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Hapeel Pharmindo untuk area malang dan sekitarnya, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, dan PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.

Jaga kesehatan dan kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, tentunya dengan dosis yang tepat juga. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral ini, ibu dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan calon bayi yang akan dilahirkan.

(Content Promotion/Samco Farma)