Rabu, 19 Jan 2022 16:53 WIB

Fix, No Debat! Habis Vaksin Boleh Minum Kopi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Stylish ginger girl making coffee using a professional coffee machine in coffee house. Habis vaksin boleh minum kopi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Beberapa orang terutama pencinta kopi mungkin merasa penasaran apakah habis vaksin boleh minum kopi? Dan jika diminum, apakah akan memicu efek samping yang berbahaya untuk kesehatan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin muncul akibat kekhawatiran terhadap kandungan senyawa pada kopi yang dapat mempengaruhi kerja vaksin. Lantas, apakah benar kopi bisa menurunkan efektivitas vaksin?

Sebenarnya, kopi adalah salah satu minuman sehat yang memiliki nutrisi penting untuk tubuh. Dikutip dari Healthline, kopi mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat membantu tubuh untuk menangkal penyakit dan menjaga imunitas tubuh.

Sebuah penelitian menemukan kalau kopi dapat dikaitkan dengan pencegahan paparan COVID-19. Hal ini diungkapkan oleh guru besar Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM Profesor Sri Anggrahini.

"Para pakar kesehatan menyoroti minum kopi dan kaitannya dengan pandemi corona yang tengah merebak. Dalam penelitiannya kopi terbukti berkontribusi dalam mendukung imunitas bersama dengan sayuran, minyak ikan, olahan daging," kata Sri.

Ahli kesehatan paru-paru, Profesor Tjandra Yoga Aditama juga menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada penelitian yang melihat secara spesifik dampak minum kopi setelah vaksin COVID-19.

"Saya sih belum pernah baca dampak minum kopi dan vaksin COVID-19," ungkap pria yang juga pernah menjabat sebagai direktur WHO Asia Tenggara.

Meskipun boleh minum kopi, seseorang yang sudah vaksin perlu menghindari konsumsi alkohol atau merokok selama beberapa hari setelah vaksin COVID-19. Menurut UNICEF, alkohol dan tembakau dapat menurunkan kekebalan tubuh dan mempengaruhi efektivitas vaksin di dalam tubuh.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan habis vaksin boleh minum kopi sebenarnya boleh saja asalkan dalam batas wajar. Namun, untuk mengkonsumsi alkohol dan merokok, lebih baik dihindari terlebih dahulu setelah mendapat vaksinasi.



Simak Video "Kata Satgas soal Vaksin Covid-19 Umat Islam Akan Diganti yang Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)