Kamis, 20 Jan 2022 10:32 WIB

4 Tahun Lumpuh dan Tak Bisa Bicara, Pria Ini Mendadak Sembuh Usai Divaksin

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). 4 tahun lumpuh dan tak bisa bicara, pria ini mendadak sembuh usai divaksin COVID-19. (Foto ilustrasi: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Keajaiban datang pada pria berusia 44 tahun di India. Ia sebelumnya hanya bisa terbaring di tempat tidur selama empat tahun akibat mengalami kelumpuhan karena kecelakaan.

Namun, setelah menerima dosis pertama vaksin COVID-19 di 4 Januari lalu, ia mendadak bisa menggerakkan kakinya. Selain lumpuh, kecelakaan yang ia alami juga membuat pria bernama Dularchand ini kehilangan suaranya sehingga tak bisa berbicara.

Pria ini menerima vaksin Covishield asal India. Ia meyakini kakinya bisa kembali digerakkan semata-mata berkat vaksin COVID-19 tersebut.

Hal ini dikonfirmasi dr Albel Kerketta, penanggung jawab medis pusat kesehatan masyarakat Petarwar di desa Petarwar Bokaro, tubuh Dularchand memang mulai bereaksi sehari setelah dia diberikan vaksin COVID-19 Covishield.

Dikutip dari Business Today, bahkan beberapa hari setelah menerima dosis pertama vaksin COVID-19, ia bisa kembali berdiri dan suaranya sudah mulai kembali.

"Senang sudah menerima vaksin ini. Kaki saya bisa kembali bergerak sejak divaksin 4 Januari lalu," kata Dularchand.

Sementara itu, ahli bedah sipil Bokaro Dr Jitendra Kumar menyatakan bahwa meskipun kejadian itu mengejutkan, itu bukan keajaiban. Dia juga mengarahkan pembentukan tim medis untuk memeriksa riwayat medis Dularchand.



Simak Video "Kata Satgas soal Vaksin Covid-19 Umat Islam Akan Diganti yang Halal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)