Kamis, 20 Jan 2022 10:47 WIB

Omicron Menggila, AS Siapkan 400 Juta Masker N95 Gratis untuk Warga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
N95 PPE protective mask resting on blue medical scrubs with copy space Masker N95. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat akan menyediakan 400 juta masker N95 gratis di ribuan lokasi di seluruh negeri. Langkah ini dilakukan demi mengekang penularan COVID-19 di Negeri Paman Sam.

Pejabat Gedung Putih mengatakan, masker yang berasal dari Strategic National Stockpile itu bakal tersedia di sejumlah apotek lokal dan pusat kesehatan masyarakat. Pemerintah akan memulai pengiriman masker minggu ini dan berharap program tersebut dapat beroperasi penuh pada awal Februari,

"Ini adalah penyebaran alat pelindung diri terbesar dalam sejarah AS," kata pejabat itu seperti dikutip laman CNN, Kamis (20/1/2022).

Penerima masker ini tidak diprioritaskan berdasarkan kerentanan terhadap COVID-19, pendapatan, atau kriteria lainnya. Namun individu akan dibatasi hingga tiga masker per orang.

CDC mengubah pedoman maskernya untuk merekomendasikan agar orang-orang mengenakan masker paling protektif yang paling nyaman dan akan dipakai secara konsisten dan menyarankan penggunaan masker N95 atau KN95.

"Masker kain tidak lebih dari sekadar hiasan wajah. Tidak ada tempat bagi mereka selain Omicron," kata analis medis CNN Dr Leana Wen, seorang dokter instalasi gawat darurat dan profesor tamu kebijakan dan manajemen kesehatan di Sekolah Umum Institut Milken Universitas George Washington.

Simak Video 'Rekomendasi Masker Medis Penangkal Omicron Menurut Pakar AS':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)