Jumat, 21 Jan 2022 12:00 WIB

Round Up

Sudah Divaksin, Kena Omicron? Ini 9 Gejala COVID-19 yang Bisa Muncul

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Strips of newspaper with the words Omicron and Covid-19 typed on them. Omicron variant of COVID-19. Black and white. Close up. Ini 9 gejala Omicron yang bisa muncul meski sudah divaksinasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Professor25)
Jakarta -

Varian Omicron kini mulai mendominasi hingga menyebabkan ledakan kasus di beberapa negara di dunia. Meski mudah menular, gejala yang muncul akibat varian ini lebih ringan dibandingkan varian Delta.

Fakta lainnya, varian Omicron juga bisa menginfeksi orang yang sudah divaksinasi. Tetapi, vaksinasi dan booster akan tetap menjadi cara terbaik untuk melindungi seseorang dari infeksi virus Corona.

Lalu, seperti apa gejala Omicron yang muncul pada orang yang sudah divaksinasi?

Menurut ilmuwan utama dalam studi ZOE Covid Prof Tim Spector, gejala yang muncul akan terus berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada virus. Saat varian asli COVID-19 dan varian Alpha muncul, gejala yang umum terjadi adalah batuk, demam, dan kehilangan penciuman.

"Ketika Delta muncul, kami melihat ada perubahan gejala yang paling sering dilaporkan, seperti pilek, sakit tenggorokan dan bersin terus-menerus. Gejala umum lainnya yaitu sakit kepala dan batuk, terutama pada orang yang telah divaksinasi," beber Prof Spector yang dikutip dari Mirror UK, Kamis (20/1/2022).

Dari studi aplikasi ZOE Covid, yang belum ditinjau sejawat, menemukan sejumlah gejala Omicron yang muncul pada orang-orang yang sudah divaksinasi. Meskipun tidak berbeda jauh dengan Delta, tingkat keparahan gejalanya mungkin lebih ringan dan mirip seperti flu biasa.

"Ini menyebabkan gejala yang muncul lebih mirip flu biasa, terutama pada orang yang telah divaksinasi, dan lebih sedikit gejala sistemik umum, seperti mual, nyeri otot, diare, dan ruam kulit," kata dia.

Berikut 9 gejala umum varian Omicron yang kemungkinan dialami orang-orang yang sudah divaksinasi berdasarkan aplikasi ZOE Covid:

  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Bersin
  • Sakit kepala
  • Batuk
  • Mual
  • Nyeri otot
  • Diare
  • Ruam kulit


Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)