Minggu, 23 Jan 2022 19:06 WIB

Serba-serbi Hidrosefalus yang Diidap Vivi, Kini Butuh Bantuanmu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bayi Vivi penderita hidrosefalus butuh operasi Vivi (2), bayi pengidap hidrosefalus. (Foto: Dok. berbuatbaik.id)
Jakarta -

Tangis Vivi Prysilia (2) terdengar kencang pagi itu. Tangisan Vivi kian mengkhawatirkan karena sekali-kali napas Vivi tertahan.

Bayi usia 2 tahun itu juga sering pilek, batuk, ruam di kulit hingga sesak napas dan berat badannya sangat tidak ideal untuk anak seusianya yang hanya 7 kg. Sang ibu, Nurhayati, mengatakan buah hatinya mengidap hidrosefalus yang terdeteksi sejak usianya 3 minggu.

Dikutip dari laman FK Unair, hidrosefalus adalah kondisi saat terjadinya penumpukan cairan berlebihan di dalam otak. Hidrosefalus adalah masalah di bidang bedah saraf yang paling sering ditemukan, dan tidak terkait dengan jenis kelamin.

Jenis-jenis hidrosefalus

Hidrosefalus kongenital, yaitu kelainan bawaan yang terjadi akibat gangguan di dalam kandungan ibu saat hamil, seperti infeksi toksoplasma, kekurangan asam folat, atau penyebab lainnya.

Hidrosefalus yang didapat (acquired hydrocephalus), yaitu terjadi karena gangguan di dalam otak, misalnya stroke, infeksi atau radang selaput otak, atau tumor otak. Kemudian, kondisi tersebut menyebabkan sirkulasi cairan otak terhambat, sehingga terjadi penumpukan cairan otak.

Penyebab hidrosefalus

Penyebab hidrosefalus kongenital umumnya adalah infeksi pada masa kehamilan, seperti cytomegalovirus (CMV), rubella, mumps, sifilis, atau toksoplasma.

Pada hidrosefalus yang terjadi setelah lahir (acquired hydrocephalus) umumnya disebabkan oleh penyakit di otak yang menimbulkan gangguan sirkulasi cairan otak, seperti stroke perdarahan, tumor otak, cedera otak yang parah, infeksi otak, atau infeksi selaput otak.

Pengobatan dalam menangani hidrosefalus adalah dengan melakukan tindakan operasi, yang bertujuan untuk mengalirkan kelebihan cairan serebrospinal yang menumpuk di dalam otak. Biaya untuk tindakan ini pun tidak murah, terutama bagi keluarga Vivi.

Para #sahabatbaik pun bisa bersama-sama meringankan beban mereka melalui berbuatbaik.id. Caranya yaitu dengan ikut berdonasi lewat LINK BERIKUT INI

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim berbuatbaik.id. Kamu juga bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial,#sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang! Klik link DONASI BERIKUT INI.

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs BerbuatBaik dan ikuti media sosial BerbuatBaik Instagram @berbuatbaikofficial dan Hotline WA: 0823-0823-9111



Simak Video "Mensos Risma Beri Kado Akhir Tahun untuk Balita Penderita Hidrosefalus"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)