Selasa, 25 Jan 2022 06:26 WIB

Cari Vaksin Booster Bisa Pakai Google Maps, Begini Caranya

Ayunda Septiani - detikHealth
Mencari lokasi vaksin booster Foto: Ayunda Septiani/detikHealth
Jakarta -

Seiring makin meningkatkan kasus varian Omicron, vaksinasi booster COVID-19 kini semakin dimudahkan. Salah satunya, bisa pakai Google Maps untuk mencari lokasi vaksin booster terdekat.

Penasaran dengan layanan ini, saya mencoba mencari vaksinasi booster bermodal tiket yang sudah saya dapatkan di PeduliLindungi. Meski sudah pernah merasakan efek divaksin COVID-19 pada dosis 1-2 sebelumnya, jujur saya masih tetap merasa deg-degan.

Bagi yang sudah terbiasa menggunakan layanan Google Maps, pencarian lokasi vaksin tidak jauh berbeda dengan pencarian lokasi pada umumnya. Dalam hal ini, cukup dengan menuliskan "vaksin COVID-19", setelah itu akan muncul daftar lokasi vaksin terdekat.

Seperti pada pencarian pada umumnya, hasil pencarian lokasi vaksin booster juga akan memunculkan alamat lengkap dan berbagai informasi terkait seperti jam operasional. Rute untuk menuju lokasi yang dipilih juga dengan mudah bisa diakses.

Mencari lokasi vaksin boosterMencari lokasi vaksin booster Foto: Ayunda Septiani/detikHealth

Tetap harus daftar online

Berdasarkan hasil pencarian, saya mencoba mendatangi salah satu lokasi vaksin daerah Tebet, Jakarta Selatan. Namun sesampainya di sana, ternyata saya tidak bisa langsung mendapatkan vaksin booster, karena harus mendaftar terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan, masing-masing tempat dibatasi kuotanya per hari. Oleh karena itu, warga dianjurkan untuk mendaftar online terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Mengetahui informasi tersebut, akhirnya saya mendaftar secara online terlebih dahulu. Setelah itu, saya diarahkan melengkapi data-data yang disediakan di aplikasi tersebut.

Alur pelayanan di lokasi bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kata Menkes soal Lokasi Suntik Vaksin Booster Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]