Selasa, 25 Jan 2022 11:39 WIB

Putri Nurul Arifin Meninggal, Kenapa Serangan Jantung Menyerang Usia Muda?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Nurul Arifin dan Maura Foto: Instagram @na_nurularifin
Jakarta -

Putri Nurul Arifin, Maura Magdalina, meninggal dunia di usia 27 tahun. Disebutkan penyebab meninggalnya adalah serangan jantung.

"Mendadak (meninggalnya karena) jantung," kata Nurul Arifin.

Kasus serangan jantung pada usia muda relatif jarang, tapi bukan berarti tak bisa menyerang usia produktif. Serangan jantung terjadi saat pembuluh darah yang menyuplai makanan ke otot jantung terhambat. Sumbatan ini bisa karena plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol), atau bekuan darah.

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, dalam keterangannya beberapa waktu lalu mengatakan meski kasus serangan jantung pada wanita muda relatif jarang, ada beberapa penyebab atau kondisi yang bisa menambah risikonya.

"Perempuan yang terkena penyakit jantung koroner pada usia relatif muda adalah perokok, perempuan dengan diabetes tidak terkontrol atau dengan kelainan jarang seperti autoimun. Biasanya perempuan muda yang mengalami serangan jantung di usia relatif muda memiliki faktor risiko tersebut," katanya saat dihubungi detikcom, Minggu (8/12/2019).

Dikutip dari laman Primaya Hospital, bagi perempuan muda di bawah usia 50 tahun, ada penyebab serangan jantung yang disebut diseksi arteri koroner spontan (SCAD). SCAD adalah kondisi medis yang ditandai dengan robeknya bagian dalam lapisan arteri secara spontan.

Kondisi yang amat jarang terjadi ini kerap menimpa ibu hamil, ibu yang baru saja memiliki anak, dan atlet.

Umumnya, robekan itu bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi jika robekan tetap ada dan tak ditangani di rumah sakit, nyawa pasien bisa terancam. Jantung bisa rusak dan pada akhirnya memicu kematian.

Selain itu, berikut faktor risiko serangan jantung pada usia muda:

  • Tekanan darahnya tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Terbiasa merokok atau sering terpapar asap rokok dari sekitarnya
  • Jarang berolahraga
  • Lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk
  • Sering mengalami stres
  • Pola tidur tidak teratur
  • Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

Selain itu, ada faktor lain yang tak dapat dicegah seperti adanya riwayat penyakit jantung dalam keluarga atau penyakit jantung bawaan sejak lahir.

Simak Video 'Putri Nurul Arifin Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(kna/up)