Jumat, 28 Jan 2022 10:00 WIB

Waspada Omicron, 5 Pola Makan Sehat Ini Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Jihaan Khoirunnisaa - detikHealth
Ilustrasi susu untuk lansia. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Varian baru COVID-19 yakni Omicron mulai menginfeksi masyarakat Indonesia. Varian yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan ini disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) cukup berbahaya. Sebab tingkat infeksinya lebih cepat, bahkan bisa menimbulkan infeksi berulang (re-infeksi).

Untuk mencegah penularan Omicron lebih luas, masyarakat diminta tertib dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini bisa kita lakukan dengan menjaga pola makan sehat.

Dilansir dari beragam sumber, berikut pola makan yang dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh serta mencegah infeksi COVID-19. Apa saja?

1. Perbanyak Konsumsi Probiotik

Tahukah kamu, probiotik sangat baik untuk dikonsumsi karena dapat menjadi peningkat imun? Probiotik adalah organisme bermanfaat yang hidup di dalam usus. Bakteri ini bisa didapatkan dalam makanan yang telah difermentasi, seperti yogurt dan acar. Saat kesehatan usus terjaga, maka akan berdampak pada meningkatnya imunitas tubuh, sehingga dapat mencegah paparan COVID-19.

2. Penuhi Asupan Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam menjaga sistem imun dan keseimbangan hormon di dalam tubuh. Vitamin D yang paling baik bisa didapatkan melalui sinar matahari. Selain itu, beberapa bahan makanan alami juga disebut menjadi sumber vitamin D yang baik dikonsumsi. Beberapa di antaranya kuning telur, jeroan, hingga jamur.

3. Rajin Minum Teh

Teh adalah salah satu minuman kegemaran masyarakat Indonesia. Teh disukai karena memiliki rasa yang enak serta aroma yang menenangkan. Namun di samping itu ternyata teh dapat meningkatkan imun tubuh.

Jenis teh seperti teh hijau atau chamomile bahkan terbukti ampuh menguatkan imunitas. Hal ini karena tinggi akan kandungan antioksidan yang menjadi komponen utama untuk membantu menguatkan sistem imun tubuh.

4. Hindari Makanan Olahan dan Pemanis Tambahan

Di masa seperti ini, ada baiknya kamu menjaga kesehatan, salah satunya dengan membatasi konsumsi makanan olahan. Mengingat makanan yang sudah diproses lebih jauh memiliki kadar garam yang tinggi. Selain itu juga mengandung bahan-bahan tambahan rendah nutrisi yang kurang bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya itu saja, pemanis tambahan juga sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan. Karena justru menurunkan daya tahan tubuh.

5. Rutin Konsumsi Susu

Susu masuk ke dalam jajaran makanan yang sehat bagi tubuh, karena kaya akan nutrisi penting seperti protein. Mengutip Healthline, protein sangat diperlukan karena memiliki peran vital dalam pengaturan sistem imunitas, terutama pada orang dewasa dan lanjut usia.

Susu juga mengandung berbagai zat gizi lain, di antaranya kalsium, fosfor, dan zinc. Kamu bisa memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh ini salah satunya dengan mengkonsumsi Ensure. Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya.

Nutrisi lengkap dan seimbang ini menjadikan Ensure mampu mendukung kekuatan otot serta menjaga daya tahan tubuh. Ensure juga terbukti secara klinis merupakan brand dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi nomor 1 yang direkomendasikan di Indonesia.

Minum Ensure dua gelas sehari untuk menjaga daya tahan tubuh agar fit dalam menjalani aktivitas seharian. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat dapat diakses melalui ensure.co.id.



Simak Video "Omicron Baru BA.4 dan BA.5 Ditemukan di Indonesia, Waspada Gejalanya"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)