Kamis, 27 Jan 2022 14:42 WIB

BOR RS di DKI Naik, Didominasi Pasien COVID-19 Gejala Ringan-Asimtomatik

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jakarta -

Jumlah keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit di Jakarta mengalami peningkatan. Berdasarkan data per Rabu (26/1), jumlah BOR mencapai 45 persen.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Abraham Wirotomo mengatakan jumlah tersebut didominasi oleh pasien bergejala ringan atau tanpa gejala (asimtomatik).

"Data per Rabu (26/1) kemarin, BOR RS di Jakarta mencapai 45 persen. Dan KSP sudah mulai menerima laporan warga yang kesulitan mencari rumah sakit," kata Abraham dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1/2022).

"Keterisian tempat tidur rumah sakit di Jakarta saat ini justru didominasi oleh pasien yang sifatnya bukan mendesak, atau tanpa gejala dan ringan," lanjutnya.

Abraham mengungkapkan seharusnya masyarakat dan rumah sakit harus lebih mengutamakan pasien yang sakit berat, lansia, dan komorbid. Meski begitu, ia memastikan bahwa ketersediaan tempat tidur saat ini masih mencukupi.

Selain itu, ia mengimbau agar pasien COVID-19 yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) dan memanfaatkan telemedicine.

"Masyarakat tidak perlu panik. Apalagi WHO menyebut varian Omicron lebih ringan ketimbang delta. Yang penting waspada," ujar Abraham.

(sao/naf)