Kamis, 27 Jan 2022 17:10 WIB

Menkes Beberkan Status Vaksinasi Pasien Omicron RI, 99 Kasus Belum Vaksin

Ayunda Septiani - detikHealth
covid-19 omicron variant vaccination concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Teka77
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memaparkan status vaksinasi dari pasien yang terpapar varian Omicron di Indonesia. Disebutkan, ada pasien yang belum divaksinasi dan ada juga pasien yang sudah mendapatkan booster.

"Jadi orang yang dirawat dua dosis ada, satu dosis ada, booster ada, dan belum divaksin ada. Yang dirawat itu ada yang punya komorbid, ada yang tidak," tutur dia dalam konferensi pers Jumat (27/1/2022).

Menurut catatan Kemenkes, ada 854 pasien omicron yang tercatat sudah melakukan vaksinasi. 650 pasien diantaranya sudah mendapatkan 2 dosis lengkap, sebanyak 64 pasien baru mendapatkan satu dosis vaksin, 41 pasien lainnya sudah menerima booster, dan yang belum divaksinasi ada 99 pasien.

Selain itu, Budi menyebutkan pasien Omicron Indonesia yang meninggal berjumlah 3 pasien hingga Kamis (26/1/2022). Total tersebut dilaporkan dari kasus kumulatif Omicron yang hingga kini mencapai 1.988 kasus.

Budi juga memaparkan, jumlah kasus Omicron yang masih dirawat dalam waktu yang sama berjumlah 86 orang. Sementara 768 pasien Omicron lainnya sudah selesai menjalani perawatan.

Selain itu, ada 765 kasus yang hingga kini sudah sembuh dari COVID-19 Omicron. Menurut Budi, hanya sedikit pasien yang memerlukan treatment penambahan oksigen saat dirawat.



Simak Video "Usai Vaksinasi Covid-19, Siswa SD di Parepare Dihadiahi Snack"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)