Viral Gundam Diambil Ponakan Tanpa Izin, Bagaimana Harusnya Ortu Bersikap?

ADVERTISEMENT

Viral Gundam Diambil Ponakan Tanpa Izin, Bagaimana Harusnya Ortu Bersikap?

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 31 Jan 2022 16:33 WIB
Robot gundam raksasa mejeng di sejumlah tempat di Jepang. Bahkan robot raksasa itu juga memelototi aksi atlet panjat tebing dan balap sepeda. Begini penampakan robot tersebut.
Foto ilustrasi: Getty Images
Jakarta -

Di media sosial viral cerita seorang netizen yang mainan model gundamnya diambil tanpa izin oleh ponakan. Kisah ini menarik perhatian karena netizen gemas dengan sikap orang tua yang cenderung membela tindakan tersebut.

"Ortu harus stop menormalisasi apapun yg dilakukan anaknya itu harus mendapat pemakluman dari orang lain. 'Namanya juga anak kecil, masa kamu mau nyalahin anak kecil?'. Iya, harus disalahin. Biar tau mana yg salah mana yg bener. Itu cara mendidik anak yg bener, bukan manipulatif," komentar satu pengguna Twitter.

Psikolog anak dan keluarga Astrid W. E. N., MPsi, dari Klinik PION Clinician mengatakan kisah viral ini terjadi salah satunya karena faktor minim pemahaman tentang personal boundaries atau batasan pribadi di keluarga Indonesia.

"Sebenarnya ini bukan lagi tentang harga barang mahal-murah. Bukan kemudian gara-gara murah jadi mudah diberikan gitu saja. Ini masalah kepemilikan dan boundaries, ada yang namanya personal boundaries atau batasan pribadi," kata Astrid saat dihubungi detikcom, Senin (31/1/2022).

"Yang diharapkan orang tua saat ini harus terbuka ada barang-barang yang khusus menjadi hak milik. Kalau ada orang lain yang mengambil ya itu jadi pelanggaran batasan," lanjutnya.

Menurut Astrid, seharusnya orang tua bisa mengajarkan anak tentang batasan pribadi. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan terkait kepemilikan orang lain.

Anak yang mengerti tentang batasan pribadi bisa menjadi lebih paham bersikap saling menghargai di antara anggota keluarga.



Simak Video "Kok Kamu Klepto Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT