Kamis, 03 Feb 2022 08:30 WIB

Ingin Segera 'Bebas COVID-19', Jerman Pertimbangkan Vaksin Dosis ke-4

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Setelah dua tahun, banyak negara yang mulai memikirkan jalan keluar untuk segera bebas dari pandemi COVID-19. Menyusul Israel, satu negara di Uni Eropa juga mempertimbangkan pemberian vaksin dosis keempat.

Panel ahli Jerman tentang penggunaan vaksin (STIKO) sedang bersiap untuk merekomendasikan dosis vaksin COVID-19 keempat, di saat pemberian booster ketiga masih berlangsung di negara tersebut.

"Kami memiliki data dari Israel yang menunjukkan dosis keempat secara signifikan meningkatkan perlindungan dari kasus penyakit parah," kata kepala komite, Thomas Mertens, dikutip dari Reuters, Kamis (3/1/2022).

Martens menambahkan panel akan merekomendasikan suntikan booster hanya dengan vaksin yang sudah tersedia. Pada vaksin yang telah diadaptasi untuk bekerja melawan varian virus corona Omicron, STIKO harus menunggu data klinis dari Moderna (MRNA.O) dan Pfizer-BioNTech.

Beberapa negara sudah mulai menawarkan dosis booster tambahan, meski penelitian terbaru dari Israel menemukan meski dosis keempat vaksin mRNA meningkatkan antibodi, levelnya tidak cukup tinggi untuk mencegah infeksi Omicron.

(kna/up)