ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Feb 2022 14:30 WIB

Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT Viral Dikecam, Psikolog Bilang Begini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Oki Setiana Dewi Oki Setiana Dewi viral gegara ceramahnya dianggap menormalisasi perilaku KDRT. (Foto: Instagram @okisetianadewi)
Jakarta -

Ustazah Oki Setiana Dewi mendadak viral usai potongan ceramah dirinya dibahas banyak orang di media sosial. Pasalnya, ceramah ustazah Oki Setiana Dewi dinilai menormalisasi perilaku kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Isi ceramah Oki Setiana Dewi yang menjadi sorotan adalah cerita seorang istri yang dipukul suami dan memilih tidak menceritakan hal itu kepada orang tuanya saat berkunjung ke rumah. Sontak netizen geram, bahkan baru-baru ini muncul kecaman Komnas Perempuan.

Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, normalisasi merupakan tindakan menjadikan suatu perilaku sebagai hal yang wajar.

"Apakah yang disampaikan bisa termasuk tindakan menormalisasi KDRT? Tergantung konteksnya apa. Perlu digali lebih lanjut cerita yang dimaksud oleh yang bersangkutan. Namun, sebagai public figure sebaiknya lebih berhati-hati dalam memberikan pesan dari sebuah cerita karena dampaknya berat," terang Rahma kepada detikcom Kamis (3/2/2022).

Namun, jika perempuan mendapat perlakuan KDRT, memilih diam menurutnya bukan jalan keluar. Rahma menyarankan untuk segera mencari seseorang yang bisa mendampingi masalah tersebut, karena seringnya perempuan tak berani melapor.

"Langkah yang bisa dilakukan, pertama adalah dengan cara menghargai diri sendiri, memberi batasan pada suami, menyampaikan keberatan atas perlakuannya, mengajak dialog dan bila perlu mengajak suami melakukan konseling pernikahan atau psikoterapi," sambung Rahma.

"Namun, jika suami tidak bisa diajak bekerja sama maka istri dapat mencari bantuan. Biasanya nggak berani jika langsung lapor secara hukum. Karena itu istri harus cari bantuan, baik melalui orang-orang tertentu atau lembaga yang concern pada masalah kekerasan seperti ini," pesan Rahma.

Simak Video 'Video Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT yang Tuai Kritikan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT