ADVERTISEMENT

Kamis, 03 Feb 2022 19:01 WIB

Oki Setiana Dewi Sarankan KDRT Didiamkan Saja, Bisa 'Sembuh'? Ahli: Mustahil

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Gaya Hijab Oki Setiana Dewi. Oki Setiana Dewi. Foto: Dok. Instagram @okisetianadewi.
Jakarta -

Nama Oki Setiana Dewi trending di Twitter usai potongan ceramahnya soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) viral tersebar di media sosial. Ceramah ustazah Oki Setiana Dewi dinilai menormalisasi perilaku KDRT dan membuat geram banyak pihak.

Dalam potongan video ceramahnya, ustazah Oki Setiana Dewi menuturkan cerita seorang wanita yang memilih diam saat mengalami KDRT oleh suami. Dampaknya, sang suami berakhir luluh atas sikap istrinya tersebut.

Hal ini memicu pertanyaan apakah mungkin seseorang yang melakukan perilaku KDRT bisa berubah hanya dengan didiamkan. Padahal, menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, cara tersebut cenderung mustahil mengubah sikap atau kebiasaan KDRT seseorang.

Bahkan, kemungkinan aksi KDRT berulang tak dapat dihindari. Sikap ini ditegaskan Rahma sepenuhnya tidak bisa diwajari atau ditolerir.

"Perilaku tersebut tidak akan berubah hanya dengan cara tidak melawan dan mendiamkannya. Perilaku ini akan terus berulang," terang Rahma saat dihubungi detikcom Kamis (3/2/2022).

"Justru pelaku KDRT perlu diberi tahu bahwa tindakannya salah, tidak bisa ditolerir. Walaupun tidak bisa diubah dengan cara mendiamkan, namun perilaku KDRT bisa diubah jika pelaku memang berniat mengubah perilakunya lalu melakukan konseling dan psikoterapi pada profesional," sambung Rahma.

Simak Video 'Video Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT yang Tuai Kritikan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT