Bumil Perlu Tahu Manfaat Penting USG, Tak Cuma Lihat Jenis Kelamin Bayi

ADVERTISEMENT

Bumil Perlu Tahu Manfaat Penting USG, Tak Cuma Lihat Jenis Kelamin Bayi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 04 Feb 2022 15:24 WIB
Medicine, Hospital, Medical Clinic, Ultrasound, Doctor
Tes USG kehamilan. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

USG saat hamil merupakan pemeriksaan rutin untuk melihat kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Pemeriksaan ini juga kerap dilakukan calon ayah dan calon ibu untuk mengetahui gender buah hati.

Namun bukan hanya itu saja, USG di masa kehamilan juga dilakukan untuk melihat tumbuh kembang janin dan mendeteksi kelainan genetik pada bayi. Pemeriksaan USG juga digunakan untuk mendeteksi cacat pada janin sehingga bisa dilakukan tindakan sesegera mungkin.

"USG yang dilakukan di bawah usia kehamilan 12-16 minggu untuk melihat kelainan-kelainan seperti sindrom down atau kelainan malformasi," ujar Spesialis obgyn dari RS Hermina Jatinegara dr Taufik Jamaan SpOG kepada detikcom dalam agenda Pendandatanganan Kerjasama Mamitalk dan Koperasi POGI, Rabu (2/2/2022).

dr Taufik menegaskan pemeriksaan USG tidak berbahaya bagi ibu maupun janin, serta tidak menimbulkan rasa nyeri. Pemeriksaan ini pun tidak menghasilkan efek radiasi yang selalu dikhawatirkan masyarakat.

Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) merekomendasikan pemeriksaan USG setidaknya empat kali selama masa kehamilan.

"Tidak perlu takut USG akan membahayakan janin, sebab ultrasound merupakan teknologi yang mengubah suara menjadi gambar, jadi tidak ada radiasinya," papar dr Taufik.

Selain untuk pemantauan kesehatan bayi dan ibu, pemeriksaan USG juga dapat meningkatkan bonding antara orangtua dan calon bayi. Saat ini sudah tersedia aplikasi Mamitalk yang dapat mengarsip video-video hasil pemeriksaan USG.

Lewat aplikasi tersebut, calon ibu dan ayah dapat melihat lagi video USG bayinya melalui smartphone.

Aplikasi pemantauan kehamilan Mamitalk bekerja sama dengan Koperasi Perkumpulan Obstetri dan GinekologiAplikasi pemantauan kehamilan Mamitalk bekerja sama dengan Koperasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Foto: dok. Mamitalk

"Selain bisa menonton video USG janin, para ibu hamil juga bisa mendapatkan informasi kesehatan seputar kehamilan, perawatan bayi, dan juga berbelanja produk nutrisi dan kesehatan," kata CEO Mamitalk Hyun Jun Jeon.



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT