12 Sampel Pasien di RSPI-SS Ungkap Faktor Risiko Kematian COVID-19

ADVERTISEMENT

12 Sampel Pasien di RSPI-SS Ungkap Faktor Risiko Kematian COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 07 Feb 2022 05:10 WIB
Pemerintah telah menunjuk 100 rumah sakit dalam upaya penanganan virus corona. Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, salah satunya.
RSPI Sulianti Saroso (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Faktor yang meningkatkan risiko kematian pada pasien COVID-19 di RSPI Sulianti Saroso diungkap. Diharapkan bisa mengurangi risiko fatal pada infeksi COVID-19.

Dari 12 sampel pasien yang dirawat dengan kondisi berat dan kritis, terungkap bahwa enam pasien atau 50 persen belum vaksinasi. Dari keenam pasien, tiga di antaranya meninggal dunia.

"Data ini kembali menunjukkan pentingnya vaksinasi untuk mengurangi risiko terburuk dari terpapar COVID-19, yaitu kematian," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, dalam siaran pers, Minggu (6/2/2022).

"Kelompok lansia, anak-anak, orang yang memiliki komorbiditas, dan yang belum divaksinasi, keempat kelompok inilah yang perlu diperhatikan dan kerap menjadi korban paling dirugikan di masa COVID-19 ini," lanjutnya.

Fakta lain yang terungkap adalah seluruh pasien meninggal memiliki komorbid. Tidak hanya pasien meninggal, seluruh pasien yang dirawat intensif memiliki setidaknya satu komorbid dan yang paling banyak punya enam penyakit penyerta.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT