ADVERTISEMENT

Selasa, 08 Feb 2022 17:00 WIB

Nyeri Tenggorok, Bisa Jadi Tanda COVID Omicron

Idham A. samana, 20detik - detikHealth
Jakarta -

Jakarta - Gejala COVID varian Omicron sedikit berbeda dengan varian Delta. Salah satunya adalah gejala demam jarang terjadi saat terinfeksi varian ini.

"Kalau Delta kan 90% demam, ini (Omicron) hanya kira-kira 30-40% begitu ya," Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR.dr.Erlina Burhan MSc.Sp.P (K) di acara e-Life detikcom.

"Gejala Omicron yang dilaporkan banyak sekali adalah nyeri tenggorok dan kemudian disertai batuk tapi batuk batuk kering dan juga ada gejala gejala hidung tersumbat, kemudian berair meler sakit kepala, dan jangan lupa yang hampir 70% pasien mengeluhkan juga nggak enak badan atau merasa mudah lelah mudah letih," lanjut dr. Erlina.

Gejala terpapar varian Omicron disinyalir sangat mirip flu. Hal ini meliputi batuk pilek, nyeri tenggorokan, tidak enak badan, dan sakit kepala. Namun, dr. Erlina mengingatkan ada indikasi yang berbeda saat seseorang terkena flu dengan saat terpapar Covid-19 varian Omicron.

"Sebagian pasien itu melaporkan atau mengeluh gatal gatal, kemudian banyak mengeluh tenggorokannya sakit, dan biasanya kemudian diikuti dengan batuk batuk kering, dan mulailah muncul sakit kepala, nyeri-nyeri badan, kemudian ada pilek hidung tersumbat atau bahkan meler ya berair. Orang kena flu biasanya jarang disertai dengan sakit tenggorok atau batuk ya, jadi ini agak berbeda," terang dr. Erlina.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT