5 Bahan Alami Redakan Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

ADVERTISEMENT

5 Bahan Alami Redakan Sakit Tenggorokan Ini Bisa Ringankan Gejala Omicron

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 09 Feb 2022 05:30 WIB
Omicron Corona Virus Variant
Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG
Jakarta -

Kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia tampaknya semakin melonjak tinggi tiap harinya. Bahkan, disebut bisa melampaui 40 ribu kasus di Indonesia. Hal ini diketahui dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves RI), Luhut Binsar Pandjaitan, pada agenda Harlah ke-96 NU di NTT, yang disiarkan secara daring, Minggu (6/2/2022).

Sejumlah pakar pun mengklaim bahwa varian Omicron ini memunculkan gejala yang lebih ringan dibandingkan varian COVID-19 lainnya, seperti Delta. Bahkan, disebut mirip dengan penyakit flu biasa.

"Gejalanya mirip memang (dengan flu biasa) batuk, pilek, hidung tersumbat kemudian cairan di hidung atau meler, dan juga rasa lesu, lemah, demikian kadang demam, ini mirip flu biasa," kata dr Erlina Burhan, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), pada konferensi pers virtual bertajuk 'Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron', Senin (24/1/2022).

Meskipun mirip dengan flu, dr Erlina juga mengungkap bahwa Omicron memiliki gejala khas yang banyak dialami oleh pasien, seperti sakit tenggorokan.

"Sebagian pasien (varian Omicron) melaporkan atau mengeluh (tenggorokan) gatal-gatal. Banyak yang mengeluh tenggorokannya sakit dan biasanya diikuti dengan batuk-batuk kering dan mulai muncul sakit kepala, nyeri-nyeri badan, kemudian ada pilek atau hidung tersumbat, bahkan meler berair," terangnya pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (4/2/2022).

Berbicara tentang sakit tenggorokan, ada sejumlah bahan alami untuk meredakan kondisi ini. Dan tentunya, berguna untuk meringankan gejala COVID-19 varian Omicron. Dikutip dari laman resmi Penn Medicine, Selasa (8/2/2022) berikut informasinya:

1. Air Garam

Meskipun tak memberikan efek secara instan, namun air garam diklaim sebagai obat efektif untuk membunuh bakteri hingga mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat, lalu berkumur dengan air tersebut.

2. Madu

Madu dikenal sebagai obat sakit tenggorokan lantaran memiliki sifat antibakteri alami yang mampu menyembuhkan luka di tenggorokan. Bahkan, bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan di tenggorokan loh.

"Madu adalah salah satu obat terbaik untuk sakit tenggorokan karena sifat antibakteri alaminya yang memungkinkannya bertindak sebagai penyembuh luka, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan. Madu juga dapat membunuh bakteri dan membantu melawan infeksi virus," kata Charlotte Smith, MD, dokter di Penn Urgent Care South Philadelphia.

Caranya, cukup campurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, kemudian aduk rata. Bisa dikonsumsi beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Lemon

Selain air garam dan madu, lemon juga sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Pasalnya, lemon memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi atau sakit tenggorokan.

Caranya, campurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat dan langsung diminum.



Simak Video "Subvarian Omicron XBB Sudah Masuk Indonesia, Simak Gejalanya!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT