Kamis, 10 Feb 2022 21:00 WIB

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi saat Terpapar Omicron

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Ini 5 Alasan Mengapa Gorengan Berbahaya Dikonsumsi Makanan digoreng salah satu makanan yang perlu dihindari pasien COVID-19 varian Omicron. Foto: iStock
Jakarta -

Pasien yang terpapar COVID-19 harus menjaga pola makan sebaik mungkin agar imunitas tetap terjaga dan membantu proses pemulihan lebih cepat. Seperti diketahui, makanan tertentu dapat memperlambat proses penyembuhan.

Sesuai arahan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), seseorang yang terpapar COVID-19 harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, vitamin D, mineral dan zinc. Makanan dengan nutrisi tersebut bisa membantu memulihkan pasien dari COVID-19 lebih cepat.

Sebaliknya, daftar makanan berikut ini harus dihindari karena bisa menyebabkan peradangan dan mengganggu proses penyembuhan. Dikutip dari Times of India, berikut makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi ketika terpapar COVID-19.

1. Makanan kemasan

Jika Anda telah terinfeksi COVID-19, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi natrium, aditif, tinggi gula, dan pengawet. Semua makanan tersebut diketahui menyebabkan peradangan yang dapat mengganggu proses penyembuhan.

Saat tubuh mengalami peradangan, sistem kekebalan akan terbebani sehingga membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Hindari makan dalam kemasan yang memiliki natrium dan zat aditif tinggi, seperti keripik kentang maupun makanan kemasan lainnya.

2. Daging merah

Meskipun tidak terinfeksi virus Corona, konsumsi daging merah sebaiknya dibatasi karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan peradangan.

Saat dalam masa penyembuhan COVID-19, penting untuk mengkonsumsi makanan yang mengurangi peradangan. Ganti asupan lemak dari daging dengan mengkonsumsi lemak nabati seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan salmon.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng termasuk makanan cepat saji mengandung banyak lemak. Jika dikonsumsi berlebihan, makanan yang digoreng dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan yang digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL), yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

4. Makanan pedas

Makanan lain yang sebaiknya tidak dikonsumsi yaitu makanan pedas. Pasalnya, bumbu dari makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan atau memperparah batuk. Jika mengalami hidung tersumbat cobalah untuk mengkonsumsi minuman hangat maupun sup untuk meringankan gejalanya.

5. Minuman manis

Gula tambahan dalam minuman dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Minuman bersoda dan minuman manis lainnya harus dihindari saat mengikuti diet antiinflamasi. Jika Anda ingin cepat pulih, maka hindari meminum minuman manis.



Simak Video "Data CDC soal Gejala Paling Sering Muncul Pada Pasien Positif Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(Atilah Tia Abelta/naf)