Minggu, 13 Feb 2022 11:35 WIB

Nyeri Tenggorokan, Gejala Omicron atau Bukan? Begini Membedakannya

Atilah Tia Abelta - detikHealth
SDN Jati 01 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur, gelar swab PCR massal yang diikuti para guru. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran Corona di lingkungan sekolah Nyeri tenggorok, gejala Omicron atau bukan? (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Varian Omicron diketahui memiliki gejala-gejala yang tergolong ringan. Para ilmuwan mengatakan gejala Omicron lebih mirip gejala flu biasa. Namun nyeri tenggorokan juga bisa menjadi salah satu tanda yang harus diwaspadai.

Meski demikian, nyeri tenggorokan tidak selalu dikaitkan dengan gejala COVID-19. Itu juga bisa menjadi gejala dari kondisi pernapasan umum lainnya. Selain itu, tidak semua orang yang terpapar COVID-19 mengalami nyeri tenggorokan.

Orang yang tertular strain Omicron dari SARS-CoV-2 tampaknya memiliki tingkat sakit tenggorokan dan pilek yang sangat tinggi. Pada Januari 2022, para ilmuwan masih mempelajari gejala-gejala ini, tetapi beberapa artikel jurnal awal menunjukkan bahwa gejala tersebut memang hadir dalam kasus Omicron.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), nyeri pada tenggorokan adalah gejala COVID-19 yang harus diwaspadai. Namun mereka menjelaskan gejala pilek dan flu adalah gejala Omicron yang paling umum, sehingga sakit tenggorokan tidak serta-merta menunjukkan bahwa seseorang mengidap penyakit tersebut.

Untuk itu, perlu dilakukan tes COVID-19 untuk memastikan apakah seseorang benar-benar terpapar atau hanya nyeri tenggorokan biasa.

Seberapa parah nyeri tenggorokan akibat COVID-19 Omicron?

Nyeri tenggorokan akibat COVID-19 Omicron dapat bervariasi dalam tingkat keparahan. Ini bisa terasa seperti tenggorokan yang teriritasi dengan sensasi berduri atau terbakar. Beberapa orang juga mengalami rasa sakit saat menelan.

Menurut studi ZOE, nyeri tenggorokan karena COVID-19 Omicron dapat terasa seperti:

  • Tenggorokan kering, bukan sakit
  • Gatal
  • Menyakitkan pada hari pertama tetapi lebih baik pada hari kelima
  • Seperti amandel yang meradang atau membesar

Selain infeksi pernapasan atau nyeri tenggorokan, ada beberapa gejala lain COVID-19 Omicron yang juga perlu diwaspadai. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Minta Dunia Waspada Penyebaran Omicron yang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
dMentor
×
Gimmick Marketing
Gimmick Marketing Selengkapnya